Search for:
Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan IPS Universitas Almuslimin Bersama Program Studi Pendidikan IPS

Workshop Pengembangan Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan IPS Universitas Almuslimin Bersama Program Studi Pendidikan IPS

Banjarmasin – Sinarpos.Com//Universitas Almuslimin menggelar workshop pengembangan kurikulum untuk Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui Zoom Meeting (Rabu,03/07/2024)

Acara ini menghadirkan narasumber dari Universitas Lambung Mangkurat yaitu Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA., M. Pd., Dr. Syaharuddin, MA, dan Dr. Mutiani, M. Pd. Workshop ini dimoderatori oleh Dr. Hariki Fitrah, M.Pd. dari Universitas Almuslimin.

Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA.,M.Pd. dalam paparannya menekankan pentingnya etnopedagogik dalam pengembangan kurikulum. Ia menyampaikan bahwa pemahaman dan penerapan etnopedagogik dapat memperkaya kurikulum dan membuatnya lebih relevan dengan konteks lokal serta kebutuhan masyarakat.

Dr. Mutiani, M. Pd. membahas tentang pengembangan program studi IPS hingga tahap implementasi. Ia juga menekankan pentingnya kesesuaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dengan bahan kajian IPS untuk memastikan bahwa lulusan program ini memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan profesional dan akademik di bidangnya.

Dr. Syaharuddin, MA., melanjutkan pemaparan dari Prof. Warmansyah dan Dr. Mutiani dengan fokus pada peningkatan profil lulusan dan kondisi sosial budaya. Ia menekankan pentingnya memahami dinamika sosial dan budaya dalam pengembangan kurikulum agar lulusan tidak hanya memiliki pengetahuan akademik yang kuat, tetapi juga mampu beradaptasi dan berkontribusi secara efektif di masyarakat.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam penyempurnaan kurikulum Program Studi Magister Pendidikan IPS Universitas Almuslimin, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di bidang pendidikan dan sosial. Ucapnya.,.

Bambang Hariyanto dan Siti Aminah

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini