Search for:
Wisata Lengkap di Sepekan Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi

Wisata Lengkap di Sepekan Agro Wisata Tamansuruh Banyuwangi

BANYUWANGI || Sinarpos com. Destinasi Agro Wisata Tamansuruh (AWT) Banyuwangi pada pekan ini menghadirkan beraneka ragam event menarik. Selama satu pekan, mulai 26 Juni hingga 7 Juli 2024, destinasi wisata yang berada di lereng Gunung Ijen ini menyajikan atraksi wisata paket lengkap. Mulai dari seni budaya, arsitektur, fashion, edukasi, pertanian, olahraga dan lainnya.

“Mengunjungi AWT pekan ini kita akan berwisata paket lengkap. Banyak atraksi wisata yang disajikan. Ada pertunjukan seni budaya, pameran arsitektur, hingga pameran lukisan yang dihadirkan di sebuah wisata alam dengan panorama Gunung Ijen,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat membuka Sepekan di AWT, pada Rabu (26/06/2024).

Selain disuguhkan aneka atraksi, pengunjung bisa menikmati suasana Agro Wisata Tamansuruh yang merupakan destinasi wisata berbasis pertanian di lahan seluas 10,5 hektar. Pengunjung bisa menikmati udara segar khas pegunungan, sambil melihat hamparan berbagai aneka tanaman bunga beraneka warna serta sayuran yang menyegarkan mata.

Terletak di lereng Gunung Ijen, tepatnya di di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, destinasi yang telah direvitalisasi dengan dukungan Kementerian PUPR itu menyuguhkan pemandangan pegunungan Ijen dan Selat Bali dari ketinggian sekitar 450 mdpl. Eksotisme pemandangan tersebut bisa dirasakan saat pengunjung berada di aula besar yang dikelilingi kolam air di tengah kawasan tersebut.

Revitalisasi AWT mengusung konsep Desa Osing, sebuah desa wisata yang menyuguhkan keotentikan budaya asli Suku Osing yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi. Nuansa khas otentisitas budaya Osing sangat terasa. Gugusan Rumah Osing yang dikelilingi taman bunga menghiasi kawasan tersebut.

Selain untuk kegiatan pertanian, AWT juga menjadi tempat bagi berbagai kegiatan lain. Bupati Ipuk menyebutkan bahwa acara Jagoan Banyuwangi juga sempat dilaksanakan di lokasi ini.

“Tempat ini tidak hanya untuk kegiatan pertanian, tetapi juga ada kegiatan lain,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Ipuk menambahkan, Agro Wisata Tamansuruh dapat menjadi tempat untuk seminar dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Jadi AWT ini bisa dijadikan tempat kegiatan lain, seperti seminar atau lainnya bisa,” jelas Ipuk.

AWT dirancang untuk menjadi lokasi multifungsi yang dapat mendukung berbagai kegiatan masyarakat Banyuwangi. Dengan demikian, tempat tersebut diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi semua pihak.

“Mudah-mudahan, tempat ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Sepekan di AWT juga diwarnai Festival Arsitektur Nusantara (FAN) 2024, yang menampilkan desain arsitektur dengan tema “arsitektur dan air” karya desainer lokal hingga nasional.

Selain itu, juga dimeriahkan dengan beragam acara seperti Fashion Show Batik dan Recycle (26 Juni), Presentasi Kostum BEC (27 Juni), Cosplay Show dan Sketsa on The Spot (30 Juni), Digital Library (1-5 Juli), Ngopi Bareng Pemuda (2 Juli), Senam Zumba (6 Juli), dan Workshop (7 Juli). Juga ada layanan Adminduk bagi warga oleh Dinas Kependudukan Banyuwangi.

Untuk diketahui, Sepekan di Agro Wisata Tamansuruh (AWT) dibuka setiap harinya mulai pukul 08.00-21.00 WIB, dan tidak dipungut biaya.

indah /humas pemkab

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini