Search for:
Wisata Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Wisata Curug Tilu Rancabali Ciwidey

SINARPOS.COM

CIWIDEY || Tempat wisata Curug Tilu berlokasi di Rancabali Kabupaten Bandung, tepatnya ada di tengah-tengah Perkebunan Teh Rancabali yang sangat asri dengan pemandangan hijau yang mengitari.

Saat berkunjung ke sini, anda akan disambut dengan panorama Air curug yang berwarna putih.

Selain menikmati aktivitas di Curug Tilu, anda juga bisa menelusuri area sekitar yang berlatar belakang Kebun Teh PTPN VIII nan indah.

Sangat cocok dimanfaatkan sebagai tempat foto Instagramable, bagi yang ingin melepas lelah, kamu bisa berpoto besama keluarga, teman/kerabat dan juga pasangan anda. Selain itu di tempat Wisata Curug tilu tersedia juga Penginapan bagi pengunjung yang ingin berlibur menikmati wisata alam Curug Tilu.

Curug Tilu di Rancabali Ciwidey ini menawarkan objek Wisata Air Terjun di Bandung Selatan dengan pemandangan yang masih sangat asri dan sejuk udaranya.

Curug Tilu bisa dikatakan selama ini adalah merupakan tempat wisata di Bandung Selatan yang belum terkenal seperti saudaranya Curug Malela sehingga masih sepi pengunjungnya.

Wisata Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Curug Tilu Rancabali sendiri adalah air terjun mini di daerah Ciwidey yang dibuka pada tahun 2009 dengan nama yang awalnya Situ Lembang.

Sejarah Curug Tilu Rancabali awalnya dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII, namun setelah adanya pergantian managemen menjadi Unit Agro Wisata, kawasan curug ini pun ditata ulang dan diganti namanya.

eksotisme Wisata Alam di Bandung memang sangat terkenal keindahannya, salah satunya ada di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Daerah Rancabali sendiri adalah sebuah kawasan Perkebunan Teh di Bandung Selatan yang lokasinya berada di atas ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut.

Curug Tilu Rancabali adalah objek wisata air terjun mini karena ukuran dan luasnya kecil dan merupakan air terjun buatan atau taman air buatan.

Arus aliran air di curug ini sangat unik karena melintasi bebatuan yang kemiringannya tidak terlalu terjal.

Ada pun sumber air curug tilu di Ciwidey ini bersumber dari tiga aliran sungai kecil dari tebing yang berasal dari arah perkampungan warga sekitarnya.

Tiga aliran air tersebut selama puluhan tahun hingga saat ini masih dimanfaatkan oleh warga sekitar curug untuk digunakan berbagai keperluan kehidupan sehari-hari,

seperti dipakai untuk mengaliri sawah, mencuci pakaian, tempat bermain anak – anak dan digunakan sebagai sumber air bersih warga lokal untuk dimanfaatkan seperti memasak di rumah.

Wisata Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Hal tersebut dikarenakan air di Curug Tilu Rancabali di Ciwidey ini sangat jernih dan selama ini cukup aman dan sehat untuk digunakan warga sekitar.

Begitu pun juga dengan wisatawan yang datang ke sini, daya tarik air yang jernih dan dingin rasanya ini membuat pengunjung yang datang ke tempat ini betah berlama-lama

Aktivitas wisata menarik lainnya di sini adalah bermain air di sekitar air terjun dan juga berfoto bersama teman-teman karena pemandangan di sini sangatlah instagramable.

Dijamin eksotisme wisata air curug tilu Rancabali di Ciwidey ini tidak kalah dengan curug citambur ciwidey, curug tujuh ciwidey atau curug pangalengan dan curug terdekat di Bandung lainnya.

Lokasi wisata air terjun curug 3 Ciwidey terletak di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

Rute Menuju Curug Tilu

Lokasi tepatnya ada di tengah-tengah Perkebunan Teh Rancabali yang sangat asri dengan pemandangan hijau yang mengitari.
Area Rancabali yang jadi lokasi tempat wisata air terjun curug tilu di Ciwidey ini terletak sekitar 50 kilometer ke arah Selatan kota Bandung.

Untuk sampai ke Curug Tilu, anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara dari Tol Soreang menuju Kecamatan Rancabali.

Dengan menggunakan mobil dari arah pusat kota Bandung, anda akan menghabiskan waktu perjalanan sejauh 51 km melewati Jalan Tol Soreang.

Saat ini rute jalan menuju ke curug tilu ciwidey lebih mudah lagi, dimana anda bisa mengarahkan aplikasi Google Maps-mu ke Perkebunan Teh Rancabali.

Saat sudah tiba di perbatasan Kabupaten Cianjur, beloklah ke arah Desa Cipelah, di sana ada jalan lebih kecil yang jaraknya lima kilometer,

lewati jalan ini hingga melewati perkampungan warga dan Situ Patenggang sebelum akhirnya kamu tiba di Perkebunan Teh Rancabali.

Bagi anda yang naik transportasi umum, silahkan anda bisa salah satu Trayek Angkot di Bandung,

namun bagi anda yang mau naik bus umum, belum ada Trayek Bus Damri Bandung menuju ke tempat wisata ini.

Bagi anda yang ingin berwisata ke Curug Tilu, waktu operasional tempat wisata air terjun di daerah Patengan, Rancabali, Ciwidey ini setiap harinya mulai buka dari jam 9 pagi dan tutup pukul 5 sore.

Wisata Curug Tilu Rancabali Ciwidey

Biaya tiket masuk ke Curug Tilu Rancabali di Ciwidey ini cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk entrance fee wisatawan mancanegara.

Sebagai catatan, harga tiket di atas tersebut belum termasuk biaya atau tarif parkir kendaraan pengunjung, yakni Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.




(Sam**)

6 Comments

  1. Hey! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having problems finding one? Thanks a lot!

  2. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself? Plz reply back as I’m looking to create my own blog and would like to know wheere u got this from. thanks

  3. I simply couldn’t go away your website prior to suggesting that I really loved the usual information an individual provide for your visitors? Is gonna be again ceaselessly to check up on new posts.

  4. Excellent weblog right here! Additionally your site lots up very fast! What web host are you the use of? Can I am getting your associate hyperlink on your host? I wish my website loaded up as fast as yours lol

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Skip to content