Search for:
Warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, yang tergabung dalam Presidium Gerakan Pakel Damai dan Sejahtera menggelar doa bersama dan pendirian Posko

Warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, yang tergabung dalam Presidium Gerakan Pakel Damai dan Sejahtera menggelar doa bersama dan pendirian Posko

BANYUWANGI // Sinarpos com.Warga Desa Pakel, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, dirikan Posko Presidium Gerakan Pakel Damai dan Sejahtera (Presidium GPDS). Kegiatan yang dilandasi niat, semangat dan tekad kuat mewujudkan kedamaian tersebut diawali dengan doa bersama, Minggu malam (23/6/2024).

Doa bersama yang dilakukan di Dusun Taman Glugo, Desa Pakel, itu diikuti sekitar seratusan lebih warga. Mereka adalah perwakilan masyarakat pendukung Presidium GPDS. Alias warga yang sepakat mewujudkan Desa Pakel yang damai, maju dan sejahtera.

“Alhamdulillah, tadi malam kita menggelar doa bersama untuk kedamaian Desa Pakel. Doa bersama itu sekaligus menandai pendirian Posko Presidium Gerakan Pakel Damai dan Sejahtera,” ucap Koordinator Presidium GPDS, Rohimin alias Ali, Senin (24/6/2024).
Seperti kita tahu, Desa Pakel, Kecamatan Licin, merupakan desa yang memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa. Diwilayah setempat juga menjadi lokasi investasi perusahaan perkebunan PT Bumisari Maju Sukses (PT Bumisari).

Namun keberadaan konflik sosial, membuat masyarakat setempat tidak bisa menikmati manfaat keberadaan pelaku investasi. Menurut warga, penyebab utamanya adalah adanya oknum luar daerah yang disinyalir telah menanamkan kebencian, perpecahan dan pemusuhan antar warga.
Bahkan, kelompok warga yang didampingi oknum luar daerah itu diduga kerap menebar rasa ketakutan dan permusuhan. Termasuk melakukan penebangan tanaman perkebunan milik PT Bumisari, sekitar 225 hektar. Juga disebut-sebut sebagai pelaku perusakan berhektar-hektar tanaman kebun milik warga Desa Pakel lainnya.

“Tapi kami menyadari, sekelompok warga tersebut hanya korban. Mereka saudara kami, tetangga, teman, kerabat kami. Mereka melakukan tindakan-tindakan yang diduga melanggar hukum itu karena mendapat doktrin dan masukan dari oknum luar daerah,” cetus pria yang berdomisili di Dusun Taman Glugo, Desa Pakel ini.
Disebutkan, selama doa bersama penanda pendirian Posko Presidium GPDS, warga Desa Pakel juga berdiskusi terkait kondisi kampung halamannya. Dari situ, niat dan tekad mereka semakin bulat untuk mewujudkan Desa Pakel yang damai, maju dan sejahtera.

Seperti kegiatan sebelumnya, doa bersama juga dihadiri para tokoh Desa Pakel pentolan Presidium GPDS. Diantaranya, Syamsul Mu’arif, asal Dusun Durenan, Nur Aini, asal Dusun Krajan dan lainnya. Ikut hadir pula Kapolsek Licin, AKP Achmad Junaedi, bersama jajaran. Doa ditutup dengan santap bersama sebagai wujud kebersamaan dan kekompakan.

pewarta : indah red

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini