Search for:
Warga Antusias Laksanakan Tradisi Babarit di Karawang

Warga Antusias Laksanakan Tradisi Babarit di Karawang

oplus_1058

Karawang, Rabu (10/7/2024) – Tradisi Babarit kembali menghiasi perayaan di Karawang sore tadi, tepatnya di perempatan jalan antara Kp. Jati Kidul dan Kp. Cibogo Kidul, Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Acara yang jarang dilaksanakan ini berhasil menarik perhatian sejumlah warga setempat yang hadir untuk merayakannya.

oplus_1058

Babarit, sebuah tradisi yang sudah mulai langka di masyarakat, memunculkan tanda tanya bagi sebagian besar orang tentang makna sebenarnya. Meskipun beberapa menganggapnya sebagai momen pergantian tahun Muharram, yang lain mengatakan tradisi ini sebagai bentuk doa bersama untuk keselamatan bersama.

Bagian menarik dari tradisi ini adalah persiapan makanan tradisional yang disajikan kepada semua yang hadir, menunjukkan semangat kebersamaan dalam komunitas.

Pada acara yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Abah Rauf, tokoh yang dikenal memimpin doa-doa selama tradisi Babarit, kembali memimpin doa untuk keselamatan dan perlindungan bagi seluruh warga.

oplus_1058

“Kami berharap tradisi Babarit tidak disalahartikan oleh masyarakat luas dan terus dilestarikan sebagai bagian dari kekayaan budaya lokal kami,” ujar Abah Rauf setelah doa selesai.

Warga yang hadir pun antusias menyambut kembalinya tradisi ini, menunjukkan pentingnya kebersamaan dan kepercayaan dalam menjaga nilai-nilai tradisional.

Semoga tradisi Babarit terus hidup dan memberikan berkah bagi semua yang terlibat, serta menjadi simbol perdamaian dan kesatuan di tengah masyarakat Karawang.

reporter iyut Ermawati

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini