Search for:
  • Home/
  • Budaya/
  • Wagub Jatim: PKK Merupakan Organisasi Strategis Penggerak Masyarakat
Wagub Jatim: PKK Merupakan Organisasi Strategis Penggerak Masyarakat

Wagub Jatim: PKK Merupakan Organisasi Strategis Penggerak Masyarakat

SINARPOS.COM

JAWA TIMUR || Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengatakan, PKK merupakan organisasi strategis yang bisa menggerakkan masyarakat. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri agenda Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Penjabat (Pj.) Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten/Kota di Jawa Timur, Selasa (26/9/2023).

“Dalam pemerintahan ini, kita bukan hanya menggerakkan birokrasi, tapi menggerakkan masyarakat. Kalau semua harus diurus melalui pendekatan birokrasi, maka tidak terbatas jumlah masalah yang harus kita selesaikan, kita perlu gerakan dari masyarakat. Begitu dilihat siapa yang bisa menggerakkan masyarakat, maka kesimpulannya PKK. Artinya memang benar-benar sangat strategis PKK ini.” tuturnya, saat memberi sambutan di Ruang Hayam Wuruk, Kantor Gubernur Jawa Timur Surabaya.

Lebih lanjut, Emil menilai, karena PKK itu merupakan organisasi strategis untuk menggerakkan masyarakat maka dukungan dari kepala daerah tentu sangat penting kepada PKK.

“Banyak permasalahan yang bisa diatasi PKK, seperti masalah kemiskinan ekstrem, stunting, dan permasalahan yang berkaitan dengan pembangunan masyarakat. Unit yang paling efektif untuk membangun masyarakat itu adalah dimulai dari keluarga. Family base development, harapannya melalui PKK ini permasalahan yang ada di masyarakat bisa segera cepat selesai,” terangnya.

Emil mengungkapkan, saat ini kemiskinan di Jawa Timur memang mengalami penurunan, namun yang membahagiakan bukan hanya di kota justru kemiskinan di desa itu terus menurun dan kesenjangannya semakin menyempit.

“Ini adalah kerja keras yang luar biasa, Jawa Timur ini kan 38 Kabupaten/Kota, yang 9 Kota jadi lokomotif ekonomi, kemudian yang 29 Kabupaten lagi bisa memberikan pemerataan pembangunan. Nah, inilah yang kemudian wujud dari peran dan juga antusiasme PKK sampai di desa-desa,” ungkapnya.

Terkait program pada bidang sosial, pendidikan, pertanian ataupun bidang lainnya, yang apabila sasarannya berbasis keluarga, Emil mengimbau, program tersebut jangan sampai terfragmentasi.

“Melalui PKK, InsyaAllah programnya tidak akan tumpang tindih dan saling complemented. Jadi, kalau ngomong soal pembangunan berbasis keluarga maka organisasi yang paling tepat ialah PKK untuk menjadi penggerak pembangunan berbasis keluarga,” ujar Emil.

Diketahui, pada agenda ini, Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin, secara langsung melantik 12 Pj. Ketua TP PKK Kabupaten/Kota.

Adapun 12 Pj. Ketua TP PKK tersebut, yaitu Pj. Ketua TP PKK Kab. Bondowoso Ratih Bambang Soekwanto, Pj. Ketua TP PKK Kab. Lumajang Rahayu Jati Sakti, Pj. Ketua TP PKK Kab. Probolinggo Rita Erik Susanti Ugas, Pj. Ketua TP PKK Kab. Pasuruan Luhur Ngudi Setyaningrum, Pj. Ketua TP PKK Kab. Pamekasan Yenny Masrukin, Pj. Ketua TP PKK Kab. Jombang Yayuk Dwi Irawati Sugiarto.

Selanjutnya, Pj. Ketua TP PKK Kab. Nganjuk Eka Haryati Taruna, Pj. Ketua TP PKK Bojonegoro Dian Adiyanti Adriyanto, Pj. Ketua TP PKK Kab. Madiun Evi Martiana Tontro Pahlawanto, Pj. Ketua TP PKK Magetan Siti Fatonah Hergunadi, Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Hanik A Wahyu Hidayat, dan Pj. Ketua TP PKK Kota Tulungagung Diana Puspitasari Heru Suseno.

Kepada 12 Pj. Ketua TP PKK Kabupaten/Kota yang dilantik tersebut, Emil mengucapkan selamat bertugas dan melanjutkan program PKK.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Purna Tugas Ketua Tim Penggerak PKK selama ini. Saya dan tentunya Bu Arumi merasa sangat senang bisa bersama-sama mengabdi kepada masyarakat di Jawa Timur melalui Kabupaten/Kota masing-masing,” ucap Emil.

Sebagai informasi, turut hadir pula dalam agenda ini, para Purna Tugas Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, para kepala OPD, Sekretaris BKKBN Jatim, pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, dan pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten /Kota.


**Humas Jatim

(Yudistira**)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required