Search for:
Wacana Larangan Pergi Haji Menko PMK, PBNU Kurang Sepakat

Wacana Larangan Pergi Haji Menko PMK, PBNU Kurang Sepakat

SINARPOS.COM

JAKARTA || Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy membuka wacana melarang masyarakat untuk pergi haji lebih dari satu kali guna memangkas antrean.

“Semakin banyak yang lansia karena antrean yang panjang,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily sepakat dengan pemerintah terkait wacana pelarangan berangkat haji lebih dari satu kali bagi masyarakat Indonesia. Apalagi menurut ajaran Islam, kewajiban berhaji hanya satu kali seumur hidup. “Wacana ini dapat mengurangi antrean tunggu haji, dan juga dapat memberikan kesempatan bagi muslim Indonesia lain yang belum mendapatkan kesempatan menjalankan Ibadah Haji,” ujar Ace, Sabtu (26/8/2023). Ia mengungkapkan wacana pembatasan haji usulan dari pemerintah ini akan dimasukkan dalam revisi UU Penyelenggaraan Haji dan Umrah yang akan dibahas dalam waktu dekat.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kurang sependapat dengan Menko PMK Muhadjir Effendy yang mewacanakan larangan haji lebih dari sekali. Menurutnya, lebih baik memberi jeda waktu.

“Wah itu mungkin terlalu berat, saya kira bisa dibatasi misal 10 atau 15 tahun sekali. Karena ada juga alasan tertentu yang ingin berhaji,” kata Ketua PBNU Fahrur Rozi, saat dihubungi, Jumat (25/8/2023).

Meski demikian, Gus Fahrur sepakat dengan pembatasan haji. Sehingga, ada kesempatan bagi orang lain yang belum haji.

“Saya setuju dibatasi, misalnya 10 tahun sekali. Kecuali ada tugas pembimbing atau diperlukan,” katanya.

“Memang, sebaiknya tidak sering naik haji, cukup umrah saja agar memberikan kesempatan kepada yang lain,” ucapnya.

Atau, jika memiliki rezeki yang banyak, harta orang itu bisa digunakan untuk wakaf dan ibadah lainnya.

“Atau lebih bagus jika dipergunakan untuk wakaf daripada haji plus yang sangat mahal bagi yang sudah berhaji. Kepedulian kepada fakir miskin, pendidikan dan dakwah punya pahala yang tidak lebih sedikit daripada haji yang sunnah. Bahkan lebih baik dan lebih besar pahalanya jika diberikan fakir miskin di sekitar yang membutuhkan,” ucapnya.

Jika memang ada kerinduan untuk berkunjung ke Masjidil Haram, maka bisa dilakukan dengan umrah. Ibadah umrah saat Ramadan bisa menjadi pilihan.

“Jika memang rindu ke baitullah bagi yang sudah berhaji, bisa dilakukan dengan umrah saja, umrah di bulan Ramadan pahalanya juga sama dengan haji,” katanya.

Wacana Larangan Haji Lebih dari Sekali

Wacana Larangan Pergi Haji Menko PMK, PBNU Kurang Sepakat
Fahrur Rozi

Sebelumnya, Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia perlu melakukan transformasi penyelenggaraan haji agar tetap dapat menjaga kesehatan jemaah selama beribadah hingga kembali pulang ke rumah masing-masing. Muhadjir pun membuka wacana untuk melarang masyarakat untuk pergi haji lebih dari satu kali.

Menurut Muhadjir wacana itu memungkinkan untuk memotong lamanya antrean keberangkatan haji. Ia menilai bahwa kewajiban haji bagi yang mampu hanya satu kali, karena itu kesempatan selanjutnya harus diberikan kepada masyarakat yang belum menunaikan ibadah haji.

“Wacana ini perlu dibahas karena jemaah haji yang semakin menua berimplikasi terhadap kesehatan,” ungkap Muhadjir, dikutip dari siaran pers di situs Kemenko PMK, Jumat (25/8/2023).

Wacana itu disampaikan Muhadjir saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Kesehatan Haji yang digelar oleh Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK, pada Kamis (24/8).


**detik.com


(Dw)

11 Comments

  1. I will right away snatch your rss as I can not to find your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Kindly permit me understand so that I may subscribe. Thanks.

  2. Hi are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you need any html coding expertise to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  3. There are some fascinating deadlines on this article however I don’t know if I see all of them middle to heart. There’s some validity but I will take maintain opinion till I look into it further. Good article , thanks and we wish more! Added to FeedBurner as well

  4. It’s actually a great and useful piece of information. I’m glad that you shared this helpful info with us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

  5. Some genuinely nice and utilitarian information on this web site, likewise I conceive the style and design has got excellent features.

  6. I’d should verify with you here. Which isn’t something I usually do! I take pleasure in reading a post that can make individuals think. Also, thanks for permitting me to remark!

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini