Search for:

THE ART JOURNEY OF RUPA RUPA 51 JHS 2024

Peringatan Bulan Menggambar Nasional di SMPN 51 BANDUNG

Pembukaan Peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024 oleh Kepala Sekolah SMPN 51 Bandung Hj. Nunung Nuraeni, M.Pd pada Senin 6 Mei 2024 (Foto: Asep Ruslan)

SINARPOS.COM, KOTA BANDUNG – Didalam pembelajaran Seni Budaya di sekolah dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya seperti seni rupa, seni musik, seni tari dan seni teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa.

Aktivitas Pembelajaran Seni Rupa (Seni Budaya) tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah ataupun masyarakat sekitarnya. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi pembelajaran yang digali  dari kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan bisa menambah wawasan di luar pembelajaran di kelas

Panitia Peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024 (Foto: Asep Ruslan)

Dalam mendukung kegiatan Bulan Menggambar Nasional Mei 2024 yang digagas oleh Forum Drawing Indonesia (FDI), komunitas ekskul Seni Rupa di SMP Negeri 51 Bandung yang menamakan dirinya Ruparupa51 yang kerap mengikuti secara konsisten berbagai kegiatan seni rupa, baik secara intern di sekolah ataupun di luar sekolah dan seizin Kepala Sekolah yang memberi ruang  kepada Siswa, Guru dan para alumninya untuk berkarya dan berpameran di sekolah ini .

Dalam rangka peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024, menampilkan  karya Seni Rupa, Gambar (Drawing) dan karya Seni rupa lainnya dengan mengambil  tema   “THE ART JOURNEY RUPA RUPA JHS 51”  yang digelar pada tanggal 2  Mei s/d 30 Mei 2024  di area SMP Negeri 51 Bandung yang berlokasi di Jalan Raya Derwati  Kota Bandung.

Pameran karya seni di SMP Negeri 51 Bandung Jl. Raya Derwati  Kota Bandung 2-30 Mei 2024  (Foto: Asep Ruslan)

Pameran dibuka Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Bandung Hj. Nunung Nuraeni, M.PD. dan dimeriahkan oleh Musik Gamelan siswa 51, Cosplay The Art Journey Ruparupa  JHS 51, Siswa 51 Menari, Tarian Gembira oleh Guru 51 (Yanti, dkk), Perfomance Art  Mata Air oleh Guru 51 (Muhtar, dkk), Penampilan Pantomim Siswa 51 (Reski dan Hafiz) dan Live Drawing oleh Siswa 51 (Lathifa Khoirunissa), Senin (6/5/2024).

Simak Video Pembukaan Peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024

Terkait Maksud dan Tujuan peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024, Drs. Mohamad Muhtar, M.Ds  selaku Ketua Panitia kepada media menjelaskan.

“Maksud dan Tujuan dari peringatan Bulan Menggambar Nasional ini selain support pada kegiatan FDI melalui Bulan Menggambar Nasional dan bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Juga sebagai implementasi Merdeka Belajar dan merupakan aksi nyata dari kegiatan Mata Pelajaran Seni Budaya tersebut juga sebagai media  ungkapan ekpresi dan imajinasi siswa melihat kembali sejarah panjang nenek moyang kita lewat karya-karya pada dinding gua kemudian berkembang pada abad berikutnya sampai karya seni rupa modern saat ini menjadi inspirasi bagi siswa untuk berkarya lewat karya Seni Drawing yang dibuatnya.”

Perfomance Art  Mata Air oleh Muhtar, dkk Guru 51 Bandung (Foto: Asep Ruslan)

“Ini  menjadi langkah awal meniti jembatan  agar anak-anak ke depan bisa mencari cakrawala yang lebih luas lagi dalam  wawasannya dan mampu Memaknai Budaya Menggambar di sekolah. Juga Pameran Seni Rupa ini sebagai ajang ruang kreatif untuk memerdekakan belajar siswa,” ungkap Muhtar.

Simak Video Maksud dan Tujuan Peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024

“Kali ini kami  memotivasi siswa untuk  berkarya dengan mengambil Tema The Art Journey Ruparupa 51 JHS, diharapkan anak-anak mempunyai  karakter dan spirit untuk berkarya dan menghasilkan berbagai karya drawing atau seni rupa lainnya dengan keragaman tema sesuai dengan jiwa mereka  baik yang dikerjakan dengan teknik manual media kering/basah maupun teknik digital. Event ini juga sebagai bentuk aksi nyatanya berpameran di lingkungan sekolah seperti kegiatan sekarang ini,” ujar Guru Seni Budaya SMP Negeri 51 Bandung.

Penampilan Pantomim Siswa 51 Reski dan Hafiz (Foto: Asep Ruslan)

Sementara keterangan awal  dari Forum Drawing Indonesia sebagai penggagas kenapa bulan Mei? Muhtar memberikan penjelasan.

“Karena bulan Mei adalah bulan yang penuh peristiwa sejarah dan tanda dimulai, bulan yang syarat makna atau dimaknai. Jadi Mei bukan dimaknai secara formal sebagai hari pendidikan nasional saja, tapi spirit sejarah dalam bulan ini, termasuk spirit pendidikan itu sendiri, yakni produksi pengetahuan,” ujar Muhtar.

Harapan sekolah melalui kegiatan Pameran di SMP Negeri 51 Bandung ini akan berimbas secara positif pula guna menambah spiritnya kepada seluruh masyarakat pendidikan untuk melakukan perubahan dan berinovasi secara terus menerus di era Kurikulum  Merdeka Belajar yang digulirkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Simak Video Tarian Gembira Menggambar

Pantauan lapangan, selain menampilkan karya siswa pada kegiatan pameran ini, juga ditampilkan beberapa karya guru dan  karya alumni serta keluarga besar sekolah ini yang dilakukan secara live drawing pada saat pembukaan pameran.

Live Drawing oleh Lathifa Khoirunissa siswi 51 dalam Pembukaan Peringatan Bulan Menggambar Nasional 2024 (Foto: Asep Ruslan)

Selamat berpameran buat semuanya, semoga muncul tunas-tunas muda yang bisa tumbuh dan ikut meramaikan dan memajukan khazanah  berkesenian di tanah air ini kelak.

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini