Search for:
Terjun Langsung Ke Sawah, Babinsa Koramil 1307-11/Pamona Selatan Dampingi Petani Olah Lahan

Terjun Langsung Ke Sawah, Babinsa Koramil 1307-11/Pamona Selatan Dampingi Petani Olah Lahan

Sinarpos.com

POSO – Babinsa Koramil 11/Pamona Selatan jajaran Kodim 1307/Poso, Serda Nyoman Wartanto bersama Kelompok Tani (Poktan) Suka Duka melaksanakan kegiatan penyiapan lahan pertanian seluas 1 hektar milik bapak Imran Monepa warga Desa Wayura, Kecamatan Pamona Tenggara, Kabupaten Poso, (28/04/2024).

Disela kegiatannya, Serda Nyoman Wartanto mengatakan, kegiatan pendampingan kepada petani ini sebagai upaya untuk mendukung tercapainya program swasembada pangan nasional, Babinsa Kodim 1307/Poso secara intensif melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah binaan.”ujarnya

“Pengolahan lahan dilakukan dengan membalik tanah dari lapisan bawah ke permukaan dengan tujuan agar terjadi proses pertukaran aliran udara, sehingga air dapat meresap dan langsung dapat sinar matahari.

Tahapan ini sangat penting karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, jika penyiapan lahan persemaian bagus maka bibit akan tumbuh dengan subur,” jelasnya.

Lebih lanjut Serda Nyoman Wartanto menyampaikan, selain pengolahan lahan dan persemaian, jenis dan varietas bibit tanaman padi serta perawatan juga dapat menentukan hasil panen.

Menurutnya, dalam budidaya padi, benih padi yang bagus atau varietas yang unggul cenderung lebih tahan terhadap hama dan penyakit, pertumbuhan yang bagus, waktu panen lebih singkat, hasilnya memuaskan dan optimal.

“Dengan persiapan yang matang diharapkan akan dapat meningkatkan hasil panen yang maksimal saat panen tiba,” pungkasnya.

Reporter : ihwan

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini