Search for:
Sistem Pendidikan Berkualitas Desa Gekbrong di Tengah Keterbatasan Fasilitas

Sistem Pendidikan Berkualitas Desa Gekbrong di Tengah Keterbatasan Fasilitas

Cianjur: Sinarpos.com

Jum’at 23 Februari Mahasiswa Al-Ghifari yang melaksanakan KKN di desa Gekbrong – Cianjur kampung Loji, mengunjungi salah satu MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) yang ada di desa tersebut.

Desa Gekbrong yang berada di kaki gunung Gede Pangrango memiliki sistem pendidikan yang menarik, yaitu menerapkan kesetaraan sistem antara diniah dan negeri. Di desa tersebut, selain pendidikan SD, siswa juga diwajibkan mengikuti pembelajaran Diniyah sesuai dengan tingkat sekolah mereka di sekolah negeri, yaitu dari tingkat 1 sampai tingkat 6.

Meskipun demikian, sistem pendidikan yang diterapkan tersebut tidak sebanding dengan fasilitas yang tersedia di madrasah tersebut. Banyaknya siswa Diniyah di DTA Al-Mutaalimun mencapai 160 siswa. Namun bangunan yang tersedia hanya ada 3 kelas saja sehingga mereka harus menunggu giliran tempat untuk bisa melakukan pembelajaran.

“Di sini muridnya ada 160 santri. Keadaannya begini, kurang memadai dengan santri yang jumlahnya cukup banyak…” Ujar salah satu pengajar di DTA tersebut.

Kurangnya fasilitas tidak menjadi penghalang para siswa dan para guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Besar harapan para siswa, guru, komite, dan juga masyarakat setempat di sana untuk memiliki jumlah ruangan beserta fasilitas ruangannya yang sesuai dengan kebutuhan para siswa dan guru di DTA tersebut.

Oleh: ManualHI

1 Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini