Search for:
Silaturrahmi Puluhan Ormas di KSB Hadapi Pemilu Serentak Polres Minta Kesbangpol Data Ormas

Silaturrahmi Puluhan Ormas di KSB Hadapi Pemilu Serentak Polres Minta Kesbangpol Data Ormas

SINARPOS.COM

Sumbawa Barat || Sedikitnya 50 Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengikuti sosialisasi Ormas yang digelar Kesbangpol Sumbawa Barat, Selasa (1/8/23) di Aula pertemuan gedung Sekretariat Daerah (Setda) Sumbawa Barat.

Kepolisian Resort Sumbawa Barat sebagai salah satu unsur pengawas keberadaan Ormas turut hadir dalam agenda yang dirangkaikan dengan silaturrahmi tersebut, yang diwakili oleh Kasat Intelkam Polres Sumbawa Barat, AKP Yunus Lobar SM.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Yasmara Harahap, S.IK melalui Kasi Humas IPDA Eddi Soebandi, S.Sos menyampaikan, terkait keberadaan Ormas di KSB Polres KSB mengharapkan Pemerintah Daerah dalam hal ini Kesbangpol melakukan pendataan terhadap ormas-ormas yang ada.

“ Adapun data yang kami kumpul terkait jumlah ormas yaitu sekitar 120 ormas yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat,” ujar Eddi.

Selain itu dalam kesempatan ini, Polres Sumbawa Barat seperti disampaikan Eddi Soebandi, menyarankan untuk seluruh ormas yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat dalam menghadapi Pemilu tahun 2024 dalam berkontestasi dipersilahkan, namun perlu disampaikan dalam kontestasi politik supaya memperhatikan aturan aturan yang berlaku.

Acara sosialisasi Ormas ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Mulyadi,M.Si dalam kesempatan ini, Mulyadi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan silaturahmi antara Pemerintah daerah dengan pengurus Ormas dengan tujuan untuk memperkuat sinergi dalam mengahadapi pemilu pada tahun 2024 mendatang.

Silaturrahmi Puluhan Ormas di KSB Hadapi Pemilu Serentak Polres Minta Kesbangpol Data Ormas

Kaitan dengan keberadaan ormas yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, menurut Mulyadi masih ada beberapa ormas yang belum terdaftar di Kesbangpoldagri dan saat ini aktif dalam melakukan aksi unjuk rasa.

“ Kami berharap ormas Ormas yang sudah terdaftar di Kesbangpol untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Sumbawa Barat,” katanya.

Ditambahkannya, dalam menghadapi pemilu tahun 2024 pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Republik Indonesia memberikan penekanan dalam kegiatan Pemilu tahun 2024 aman dan kondusif.

“ Oleh karena itu kami pemerintah daerah berharap ormas yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat untuk ikut dalam menjaga situasi Kamtibmas menjelang pemilu tahun 2024,” harapnya.

Sementara itu dalam penyampaian materi Kabid Parpol dan Ormas Kesbangpol Sumbawa Barat Titin Yuliana menyampaikan, jumlah Ormas yang terhimpun di Kementerian Dalam Negeri berjumlah 364.000 ormas dari jumlah tersebut sekitar 40 persen yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri dan memiliki badan hukum.

Disampaikan Titin, sejauh ini masih banyak ormas yang belum terdaftar di Kantor Kesbangpol Kabupaten Sumbawa Barat dan mendekati pemilu tahun 2024 banyak ormas yang bermunculan.

Menurutnya, sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa ormas yang terdaftar wajib melaporkan ormasnya 6 bulan sekali di Kantor Kesbangpol Kabupaten Sumbawa Barat.

“Kami juga dari Kesbangpol rutin melaksanakan kegiatan silaturahmi ke sekretariat masing-masing ormas untuk melakukan pendekatan dan untuk memperkuat sinergi,” tandasnya.

Sekretaris Kesbangpol KSB, Drs. Amiruddin, DH dalam kesempatan ini menambanhkan tugas pokok Kesbangpol yaitu mendata dan mengawasi seluruh ormas bukan hanya itu tugas Kesbangpol meliputi Ipoleksosbudkam di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat

Dalam sesi diskusi, perwakilan Ormas Indra Irawan LM, S.Kom menyampaikan di Kabupaten Sumbawa Barat perlu kiranya segera adanya Perbub atau Perda terkait dengan keberadaan dan aktivitas ormas dalam mendukung Pembangunan Daerah. Ia pun berharap Pemerintah Daerah memperhatikan terkait dengan pemberdayaan Ormas ormas yang terdaftar di Kesbangpol.

“ Sukses sebuah daerah adalah akumulasi sukses setiap komponen yang ada di dalamnya termasuk ormas, karena itu perlu dilihat bahwa Ormas ini adalah aset daerah dalam sama-sama berpartisipasi membangun KSB karena itu Pemerintah harus sungguh-sungguh bersinergi dengan Ormas,”ujar Indra.

Kegiatan sosialisasi berahir pada pukul 12.00 wita berjalan dengan aman dan lancar.(


(DM**)

6 Comments

  1. Hello there, I discovered your website by way of Google whilst searching for a similar matter, your website got here up, it looks great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

  2. I?¦m not positive where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time studying much more or working out more. Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  3. F*ckin’ tremendous issues here. I’m very satisfied to look your post. Thank you so much and i am taking a look forward to contact you. Will you please drop me a mail?

  4. Keep up the fantastic piece of work, I read few articles on this site and I believe that your weblog is rattling interesting and holds circles of great info .

  5. I was curious if you ever considered changing the layout of your blog? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or two images. Maybe you could space it out better?

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Skip to content