Search for:
Jemput Bola

Sekolah di Indramayu “Jemput Bola” untuk Dapatkan Calon Peserta Didik

Plh. Kadisdik Jawa Barat Tinjau Pelaksanaan PPDB di Kabupaten Indramayu

Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, M. Ade Afriandi, aktif meninjau proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di beberapa SMA negeri di Kabupaten Indramayu. Kunjungannya termasuk ke SMAN 1 Lelea dan SMAN 1 Cantigi, di mana ia mencatat beberapa tantangan yang dihadapi dalam mencapai kuota penerimaan. Kamis, 4 Juli 2024.

Menurut Ade Afriandi, dari delapan SMA negeri yang terlibat, sejumlah sekolah masih memiliki kapasitas pendaftaran yang belum terpenuhi. “Di SMAN 1 Cantigi, baru 10 persen dari daya tampung yang terisi, sementara di SMAN 1 Lelea baru terdaftar 20 siswa. Kondisi serupa terlihat di enam sekolah lainnya,” jelasnya.

Faktor-faktor Penyebab Tantangan PPDB

Jemput Bola

Kadisdik menjelaskan bahwa berbagai faktor melatarbelakangi rendahnya pendaftar, termasuk kecenderungan langsung bekerja setelah lulus SMP, preferensi untuk melanjutkan ke SMK yang menjanjikan kesempatan kerja langsung, serta beberapa kendala administratif dalam pendaftaran online.

“Dari laporan yang kami terima, kami akan membuat catatan dan segera melakukan rapat evaluasi untuk mencari solusi-solusi tepat,” tambahnya.

Kesiapan Pengumuman PPDB Tahap 2

Disdik Jabar telah menetapkan jadwal pengumuman tahap kedua PPDB pada 5 Juli 2024, pukul 11.00 WIB. “Jika semua pleno selesai pada 4 Juli 2024, kami akan berupaya untuk mengumumkan sebelum pukul 12 siang,” ujar Kadisdik.

Komitmen Kepala Sekolah

Jemput Bola

Wahyu Permana, Kepala SMAN 1 Cantigi, menggarisbawahi upaya intensif sekolah dalam menyosialisasikan PPDB sejak awal tahun. “Kami telah melakukan door-to-door ke rumah warga dan berkoordinasi dengan RT/RW untuk memastikan data lulusan SMP tahun ini,” katanya.

Wahyu juga mengungkapkan bahwa meskipun telah menyediakan jalur khusus bagi Calon Peserta Didik (CPD) melalui KETM ekstrem, banyak yang lebih memilih untuk melanjutkan ke SMK.

Upaya Meningkatkan Pelayanan

Jemput Bola

Di samping menunggu keputusan dari pihak berwenang di tingkat provinsi, Wahyu Permana menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di SMAN 1 Cantigi.

Demikianlah update terkini mengenai pelaksanaan PPDB di Kabupaten Indramayu. Terus pantau perkembangan selanjutnya di Disdik Jabar untuk informasi lebih lanjut mengenai pengumuman kelulusan tahap dua.

_____
***DISDIK Jabar

(Red**)

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini