Search for:
Ratusan Calon Peserta Didik Memadati SMAN 1 Cilaku untuk Pendaftaran Daring

Ratusan Calon Peserta Didik Memadati SMAN 1 Cilaku untuk Pendaftaran Daring

Cilaku, Kabupaten Cianjur – Rabu (5/6/2024) || menjadi hari sibuk bagi SMAN 1 Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, ketika ratusan calon peserta didik membanjiri sekolah tersebut untuk mendaftar daring melalui bantuan sekolah tujuan. Antusiasme yang tinggi ini memperpanjang waktu pelayanan hingga pukul delapan malam.

Menanggapi fenomena ini, Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan (Plh. Kadisdik) Jawa Barat, M. Ade Afriandi, mengungkapkan beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab banyaknya calon peserta didik dan orang tua yang memilih datang ke sekolah untuk mendaftar.

“Pertama, fasilitas yang mungkin kurang memadai di rumah. Kedua, adanya kekhawatiran bahwa mereka belum terdaftar, padahal sudah mendaftar secara mandiri di rumah. Oleh karena itu, mereka memilih untuk meminta bantuan pelayanan langsung di sekolah untuk memastikan status pendaftaran mereka,” jelasnya setelah melakukan peninjauan di sekolah tersebut.

Afriandi menekankan bahwa prinsip utama adalah memastikan bahwa semua masyarakat tetap dilayani dengan baik dan tidak ada calon peserta didik yang ditinggalkan.

“Saya yakin fenomena ini tidak terjadi hanya di SMAN 1 Cilaku, tetapi juga di sekolah-sekolah lainnya. Meskipun kami menyadari bahwa terdapat keterbatasan, namun kami akan tetap memastikan bahwa semua masyarakat dilayani dengan baik,” tegasnya.

Selain itu, Kadisdik juga terus memantau pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur melalui Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI. Dengan terhubung melalui Zoom, panitia PPDB di sekolah dapat langsung berkoordinasi dengan Kantor Cabang Dinas jika terdapat kendala atau masalah di lapangan.

Perbaikan Terus Dilakukan

Pihak lain yang terlibat, Pelaksana Jabatan (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan evaluasi setiap harinya untuk memastikan bahwa PPDB mengalami perbaikan.

“Idealnya, kami ingin mencapai kesempurnaan di mana tidak ada kekurangan. Namun, kami sadar bahwa masih ada ruang untuk terus melakukan perbaikan,” katanya usai memimpin Rapat Pimpinan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Taman Hutan Raya Ir. Juanda, Kota Bandung.

Machmudin juga mengingatkan calon peserta didik untuk tidak menunda-nunda pendaftaran hingga hari terakhir. “Saya mengingatkan agar calon peserta didik berhati-hati untuk tidak mengisi formulir pendaftaran di saat-saat terakhir, karena hal ini dapat menyebabkan gangguan atau kesalahan teknis karena lonjakan akses yang besar,” tambahnya.

**Disdik Jabar

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini