Search for:
Rangkaian Perlombaan STQ 2024 Digelar

Rangkaian Perlombaan STQ 2024 Digelar

SINARPOS.COM

Pesisir Barat – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Rangkaian perlombaan dalam kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tahun 2024 Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) yang dilaksanakan di beberapa lokasi mulai berlangsung, Kamis (4/7/2024).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M., mengatakan bahwa, pada hari ini terdapat beberapa rangkaian perlombaan yang digelar oleh panitia STQ Pesibar hari ini, diantaranya lomba karya tulis STQ digelar di ruang rapat Sekda, Langai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar. “Untuk lomba tersebut diikuti oleh tiga peserta yakni perwakilan dari Kecamatan Pulau Pisang, Pesisir Tengah, dan Lemong.

Peserta diberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikan karya tulisnya, serta dewan hakim dalam lomba tersebut yaitu Hikmat Tutasry, S.Pd., Muflikh Bagus A, S.Pd., Linda Susilawati, M.Ag., H. Syakirin, S.Pd., M.Pd., dan Arief Budiman, M.Pd,” ungkap Kepala Diskominfotiksan, Suryadi.

Kepala Diskominfotiksan Suryadi melanjutkan, berikutnya lomba tahfidz dan tafsir STQ dilangsungkan di masjid Al-Mutaqodimin Kecamatan Pesisir Tengah yang melombakan beberapa cabang yakni tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz, serta tafsir Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. “Dewan hakim dalam lomba tahfidz dan tafsir yaitu KH. Jurumi, KH. Bunyamin, dan KH. Ahmad Rifai, dengan sistem penekanan bel untuk penilaian peserta. Dimana peserta membaca surat yang telah ditentukan dewan hakim, lalu peserta akan melanjutkan dengan melafalkan ayat yang dilafalkan dewan hakim sebelumnya,” jelas Kepala Diskominfotiksan, Suryadi.

“Untuk tahfidz 1 juz diikuti oleh 10 peserta laki-laki dan sembilan peserta perempuan, tahfidz 5 juz diikuti sembilan peserta laki-laki dan delapan peserta perempuan, tahfidz 10 juz diikuti lima peserta laki-laki dan enam peserta perempuan, tahfidz 20 juz diikuti dua peserta laki-laki dan tiga peserta perempuan, sementara untuk tahfidz 30 juz tidak ada peserta yang mendaftarkan diri, dan lomba tafsir diikuti oleh dua orang peserta,” tambah Kepala Diskominfotiksan, Suryadi.

Kepala Diskominfotiksan Suryadi menambahkan, lomba berikutnya Khotil Quran yang melombakan empat golongan yakni penulisan buku putra putri, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontenporer yang dilangsungkan di Aula MAN 1 Krui Kecamatan Pesisir Tengah. “Dewan hakim lomba Khotil Quran adalah Heri Zelmi, S.Ag., dengan peserta berjumlah 35 orang yang merupakan dari masing-masing kecamatan,” papar Kepala Diskominfotiksan, Suryadi.

Masih kata Kepala Diskominfotiksan Suryadi, lomba terakhir yaitu lomba tilawatil Quran dengan dewan hakim diantaranya Ustadz. Sarwoto, Hj. Lilih, Rini, Ustadz. Sabhan Hayyat, dan Ustadz. Agus Mawardi, dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang yang merupakan perwakilan dari kecamatan dan dilangsungkan di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Gedung C Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar.(RLS/Taufik)

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini