Search for:
Pj Bupati Lahat Ajak Masyarakat Menjaga Dan Melestarikan Bumi

Pj Bupati Lahat Ajak Masyarakat Menjaga Dan Melestarikan Bumi

Sinarpos,Lahat _Sumsel : Rabu, 05 Juni 2024

Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se – Dunia tahun  2024, dengan tema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan)”, dan slogan “Our Land, Our Future,

Pj Bupati Lahat Muhamad Farid S.STP MSI. menghimbau dan mengajak kepada seluruh  Masyarakat agar selalu dapat Menjaga dan melestarikan Bumi  peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2024 ini,  kita semua pasti bisa memulai dari hal yang terkecil dahulu, seperti memilah sampah di rumah dan tidak membuang sampah sembarangan. Setiap Aksi kecil kita dapat membawa dampak besar bagi lingkungan,

Selain itu  sambutan yang dibacakan tertulis dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya yang menyampaikan bahwa tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ini merupakan keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm. Hingga kini dalam peringatannya secara mendunia, pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup dunia dimandatkan kepada satu negara yang ditunjuk.

Disampaikan pula, untuk tahun 2024 ini Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia 2024

Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens, yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah,” jelasnya.

Ia menekankan bahwa pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. “Untuk ini, perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen “terobosan besar” bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan.

Dalam hal Pj Bupati Lahat menjelaskan, pada peringatan tahun ini Indonesia mengusung tema ‘Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan’ sebagai bentuk komitmen kita dalam menjaga dan melestarikan bumi.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kabupaten Lahat, Pj bupati Lahat, Muhammad Farid, Lingkungan, efek gas rumah kaca, (M.Umar)

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini