Search for:
PJ Bupati Garut Dorong Percepatan Penurunan Stunting

PJ Bupati Garut Dorong Percepatan Penurunan Stunting

Garut|| Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, membuka Kegiatan Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana Rembuk Stunting dan Pelantikan
Pengurus Pola Asuh Anak Remaja Era Digital Cegah Kekerasan (PAAREDI CEKAS) Tahun 2024, di Fave Hotel Garut pada Jumat (8/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati menekankan, dengan jumlah penduduk Kabupaten Garut yang mencapai 2.665.273 jiwa, peningkatan SDM menjadi sebuah keharusan untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Pembangunan SDM, menurutnya, tidak hanya sekadar upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga sebagai pondasi untuk memperkuat ketahanan budaya bangsa serta membentuk mentalitas yang maju, modern, dan berkarakter.

Tahun 2024, imbuhnya, merupakan tahun terakhir dalam pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dalam konteks ini, Barnas menegaskan pentingnya Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Garut untuk fokus pada Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta mencapai target 14% penurunan prevalensi stunting di Indonesia.

“Kolaborasi adalah kunci utamanya. Tanpa semangat berkolaborasi, kegiatan pembangunan yang dilakukan akan bersifat parsial dan tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat,” tegasnya.

Oleh karena itu, Pj. Bupati mendorong setiap pemangku kebijakan di berbagai sektor untuk merumuskan program-program yang memiliki daya ungkit dalam membangun SDM Kabupaten Garut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut, Yayan Waryana, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pencapaian tahun sebelumnya serta merumuskan kebijakan dan strategi penggarapan entitas program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting tahun 2024.

Sedangkan tujuan rakerda ini adalah bagaimana mensinergikan kembali visi, misi, komitmen serta perspektif kita bersama yang direalisasikan ke dalam rencana kerja sesuai tugas pokok dan fungsi di masing-masing entitas perangkat daerah di berbagai tingkatan terhadap pencapaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Garut Tahun 2024.

Acara ini diikuti oleh 250 peserta secara offline dan 358 peserta petugas lapangan secara online, menunjukkan komitmen bersama dalam pembangunan SDM Kabupaten Garut. Diharapkan melalui forum ini, terbangun komitmen bersama dalam menetapkan kebijakan dan strategi yang mengarah kepada pembangunan SDM yang maju, unggul, dan berkualitas demi menyongsong Indonesia emas tahun 2045.(AR)

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini