Search for:
Pilgub Sumut 2024, KPU Sumut Butuh Rp 705 Milliar

Pilgub Sumut 2024, KPU Sumut Butuh Rp 705 Milliar

Sinarpos.com

Medan – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut sebut anggarannya disiapkan oleh Pemerintah mencapai Rp 705 miliar.

“Anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut sebesar Rp705 miliar,” ujar KPU Sumut, Agus Arifin. Rabu (29/05/2024)

Agus menjelaskan untuk tahapan Pilgub Sumut 2024, untuk saat ini baru diterima 40 persen atau Rp 282 miliar. Sedangkan, pencairan dana tersebut, dilakukan secara bertahap hingga berakhir Pilkada Sumut.

“40 persen yang sudah diterima, sisanya akan kami komunikasikan lagi dengan pemerintah setempat,” katanya.

Atas hal itu, Agus mengatakan pihaknya sangat berhati-hati menggunakan anggaran tersebut, dan akan digunakan sesuai kebutuhan setiap tahapan Pilgub Sumut 2024 nantinya.

“Saat ini, sejumlah tahapan pemilihan Gubernur sudah kami selesaikan, peluncuran pilkada, pembentukan badan adhoc, sudah selesai,” jelas Agus Arifin.

Agus mengungkapkan pihak KPU Sumut, berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi pemilih sebesar 80 persen di Pilgub Sumut dan Pilkada serentak di Kabupaten/Kota se-Sumut pada 27 November 2024 ini.

“Target kami 80 persen tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur 2024,” ucapnya

Untuk mencapai target ini, Agus menjelaskan KPU Sumut, telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran, demokrasi di kalangan masyarakat.

“Pengalaman dalam menyelenggarakan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024, menjadi bekal yang cukup untuk mempersiapkan pilkada dengan baik sehingga target tersebut dapat tercapai,” jelas Ketua KPU Sumut Agus Arifin.

(ard)

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini