Search for:
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkot Cimahi Tanam Ratusan Pohon di Kampung Cireundeu

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkot Cimahi Tanam Ratusan Pohon di Kampung Cireundeu

SINARPOS.COMDISKOMINFO CIMAHI || Sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi meluncurkan serangkaian kegiatan pro-lingkungan, yang salah satunya adalah penanaman ratusan pohon di Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Senin, (10/6/2024)

Acara tersebut dibuka oleh Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, yang menyuarakan pentingnya menjaga ekosistem dan menggalakkan pembangunan berkelanjutan melalui penanaman pohon.

“Adapun lahan yang kita tanam ini merupakan eks TPA Leuwigajah, pernah terjadi bencana longsor yang menimpa warga sekitar,” ungkap Saromi.

Dalam harapannya, kegiatan penanaman pohon di lahan tersebut diharapkan dapat mencegah peristiwa serupa terulang di masa depan, serta berkontribusi secara signifikan dalam upaya merawat dan melestarikan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Dr. Chanifah Listyarini, menjelaskan bahwa sebanyak 116 pohon dari berbagai jenis telah ditanam di lahan kosong di Kampung Cireundeu RW 10.

“Kampung Cireundeu merupakan open space (kawasan terbuka) yang memiliki manfaat bagi warga sekitarnya, dan Kota Cimahi pada umumnya,” tambahnya.

Selain penanaman pohon, Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga disambut dengan berbagai kegiatan lainnya, termasuk pembagian gerobak sampah untuk seluruh RW di Kota Cimahi.

“DLH Kota Cimahi juga mengadakan gerak bersepeda. Kemudian pada 11-13 Juni akan ada uji emisi dengan target 1500 kendaraan roda empat,” jelas Chanifah.

Langkah-langkah seperti pembagian SK Bank Sampah sebagai tindak lanjut dari program Grak Ompimpah (Gerakan Orang Cimahi Pilah Sampah) juga menjadi bagian dari upaya Pemkot Cimahi dalam mencapai tekad menuju Kota Cimahi Zero TPA.

Program-program ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah setempat dalam mewujudkan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan bagi masyarakatnya.

(Wiwin)

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini