Search for:
Menteri PUPR Tinjau Perbaikan Jalan Jalur Wisata Menuju Puncak Bogor

Menteri PUPR Tinjau Perbaikan Jalan Jalur Wisata Menuju Puncak Bogor

SINARPOS.COM

BOGOR || Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Minggu (17/9/2023), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi meninjau dimulainya perbaikan jalan daerah ruas Sukamakmur-Sukawangi dan ruas Mengker Gunung Batu yang menjadi jalur alternatif wisatawan menuju Puncak Bogor.

Menteri Basuki ingin memastikan bahwa penanganan jalan-jalan daerah yang rusak sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah telah dimulai secara serentak di seluruh Nusantara dimulai sejak akhir Juli 2023.

“Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) yang dilaksanakan di seluruh Indonesia sepanjang 2.800 km jalan raya dan 2.300 meter jembatan. Di Jawa Barat ada 15 ruas jalan yang akan dibangun, di antaranya ada di Kabupaten Bogor. Semua direncanakan akan selesai pada bulan Desember 2023 termasuk ruas jalan ini,” kata Menteri Basuki, dalam keterangan resmi, Rabu (20/9/2023).

Dalam tinjauan tersebut Menteri Basuki menginstruksikan agar selain dilakukan perbaikan, juga dilakukan pelebaran jalan menjadi enam meter (m) agar dapat dilalui kendaraan lebih baik. “Jika ingin meningkatkan potensi wisata di kawasan di Kecamatan Sukamakmur selain sebagai jalur alternatif menuju kawasan wisata Puncak Bogor, maka jalannya juga harus lebih baik, untuk itu harus dilebarkan dengan standar sekitar 5,5 hingga 6 meter,” kata Menteri Basuki.

Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi mengatakan, dengan adanya proyek pembangunan jalan di Kecamatan Sukamakmur ini diharapkan menjadikan Sukamakmur benar-benar menjadi makmur. Pembangunan jalan ini sudah direncanakan sampai tahun 2024 sampai Kecamatan Citeureup.

“Artinya masyarakat yang akan menuju Puncak bisa menggunakan jalan ini, yang akan tembus ke Cipanas sebagai jalan alternatif. Ini akan mengurangi beban volume kendaraan di kawasan Puncak, sehingga perjalanan ke destinasi wisata akan lebih lancar. Terobosan Menteri PUPR melalui inpres ini betul-betul sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat, dan kami akan terus mengawal pembangunannya,” kata Mulyadi.

Bupati Bogor Iwan Setiawan mengucapkan terima kasih atas bantuan peningkatan jalan melalui IJD di Kecamatan Sukamakmur yang akan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Pembangunan infrastruktur jalan yang hari ini kita lihat merupakan jalan kabupaten. Kalau dulu jalan kabupaten tidak bisa dibangun melalui anggaran APBN, harus APBD. Alhamdulillah dengan adanya inpres ini yang merupakan inisiatif dari Menteri PUPR, bisa membantu percepatan peningkatan jalan kabupaten,” ucap Iwan.

Dikatakan Iwan, jalur jalan ini menjadi harapan masyarakat, karena merupakan salah satu destinasi wisata baru. Jalan ini disebut juga jalan Poros Tengah Timur atau jalur Puncak II yang akan tembus ke Cipanas. “Jalan ini menjadi jalan alternatif masyarakat menuju kawasan Puncak, ini juga merupakan jawaban atau solusi dari masalah kemacetan di kawasan Puncak,” ujarnya.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat Brawijaya mengatakan, “kegiatan preservasi jalan Sukamakmur – Sukawangi dilaksanakan sejak 30 Agustus 2023 dengan nilai kontrak Rp38,96 miliar. Konstruksinya dilaksanakan PT Hutama Prima dengan panjang penanganan 6,64 Km”.

“Sedangkan untuk ruas Mengker Gunung Batu pekerjaannya dilaksanakan oleh PT Bengkel Konstruksi Mandiri dengan nilai kontrak Rp14,94 miliar sejak 30 Agustus 2023 dengan pekerjaan berupa rekonstruksi jalan sepanjang 2,93 km,” kata Brawijaya.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Adenan Rasyid, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta dan Jawa Barat Brawijaya, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Bastari.

(Red**)

11 Comments

  1. I?¦ll immediately grab your rss as I can not find your email subscription hyperlink or newsletter service. Do you have any? Please allow me understand in order that I could subscribe. Thanks.

  2. I’ve been absent for some time, but now I remember why I used to love this website. Thank you, I will try and check back more frequently. How frequently you update your website?

  3. Hello just wanted to give you a quick heads up. The text in your post seem to be running off the screen in Safari. I’m not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I figured I’d post to let you know. The design look great though! Hope you get the issue fixed soon. Cheers

  4. Whats up are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own. Do you require any coding expertise to make your own blog? Any help would be really appreciated!

  5. Hello, you used to write magnificent, but the last several posts have been kinda boring… I miss your great writings. Past few posts are just a little out of track! come on!

  6. Hello There. I discovered your blog the usage of msn. This is a really smartly written article. I will make sure to bookmark it and return to read extra of your useful information. Thank you for the post. I will definitely return.

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini