Search for:
Maju Jadi Bacagubri, Mantan Gubernur Riau Atuk Annas Maamun Berharap Riau Sejajar Dengan Sumbar

Maju Jadi Bacagubri, Mantan Gubernur Riau Atuk Annas Maamun Berharap Riau Sejajar Dengan Sumbar

SINARPOS.COM

PEKANBARU || Mantan Gubernur Riau, H Annas Maamun yang kerap disapa Atuk Annas Maamun menyampaikan kegundahan terkait Provinsi Riau yang semakin tertinggal, bahkan sudah ditinggal provinsi tetangga, Sumatera Barat. Alasan itu pula yang mendorong dirinya akan maju sebagai bakal calon Gubernur Riau pada Pemilihan Gubernur Riau tahun 2024 mendatang.

”Saya sangat sedih melihat Riau semakin jauh tertinggal. Bahkan dari Sumatera Barat, kita mulai ketinggalan, apalagi dengan provinsi lain,” ujar Annas Maamun saat konferensi pers yang digelar di kediamannya, Minggu (1/10/2023).

Pada jumpa pers tersebut, Annas Maamun tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya termasuk terkait adanya pemangkasan anggaran yang diberikan pemerintah pusat dari Rp 10 triliun menjadi Rp 6 triliun.

”Kondisi ini juga sangat berdampak kepada kabupaten dan kota,” keluhnya.

Menurut Anas Maamun, Riau yang termasuk sebagai salah satu provinsi terkaya di Indonesia tidak seharusnya memiliki warganya yang masih menderita.

”Kita ini termasuk daerah terkaya di Indonesia, masa masyarakatnya juga masih ada yang menderita. Itu tidak dapat saya terima,” tegasnya.

Berbeda dengan Sumatera Barat, yang menurutnya, sudah maju dalam berbagai sektor, Annas Maamun berharap Riau dapat mencontoh provinsi tersebut.

”Saya ingin Riau ini seperti Sumatera Barat dalam pembangunannya. Meskipun tidak sekaya Riau, tapi pembangunan di segala sektor sangat gencar dan masif,” ungkapnya.

Menurut Anas Maamun, kunci keberhasilan pembangunan adalah kompaknya masyarakat. ”Daerah itu akan maju dan sejahtera apabila masyarakatnya kompak, seperti di provinsi Sumatera Barat. Ya, kita tidak usah malu mencontoh yang baik dari orang,” jelas Atuk Annas.

Karena itu, H Annas Maamun juga mengungkapkan rasa bersalahnya jika tidak berbuat sesuatu untuk Riau.

”Jadi apabila saya tidak berbuat untuk Riau, maka saya akan merasa sangat bersalah kepada diri saya sendiri. Saya ingin masyarakat Riau ini sejahtera di semua lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Gubernur Riau H Annas Maamun terang-terangan menyatakan kesiapannya maju sebagai bakal calon Gubernur Riau pada Pemilihan Gubernur Riau 2024 mendatang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan dia bangkit dari ”zona nyaman” yang harus dinikmatinya di hari tua.

”Pembangunan Riau ini sangat lamban, kasihan rakyat yang berharap, belum banyak perubahan. Saya akan berjuang membangun Riau, tanah kelahiran saya,” ujar Annas Maamun tegas saat konferensi pers yang diadakan di kediamannya, Minggu (1/10/2023).

”Dengan pengalaman saya sebagai ketua DPRD kabupaten, bupati, dan gubernur — meski hanya 8 bulan, saya tahu betul apa yang diinginkan oleh masyarakat,” ujar Annas Maamun.

Menurutnya, keinginan masyarakat Riau terfokus pada empat hal yakni jalan, sekolah, membangun puskesmas, dan rumah ibadah. Jadi, tidak perlu mengurus hal yang terlalu banyak. Apabila empat poin ini sudah dilakukan, saya yakin 100 persen masyarakat akan senang,” tegasnya.

Dijelaskannya, pemerintah saat ini belum mampu merespons keinginan masyarakat tersebut. “Saya ingin melakukan itu kembali karena menurut saya, hal tersebut belum dilakukan oleh pemerintah saat ini,” tutupnya .

Mantan Gubernur Riau, H Annas Maamun akan turun ke gelanggang untuk merebut bangku Riau 1. Saat ini, beberapa partai sudah menyatakan dukungan.

”Saya siap maju untuk Pemilihan Gubernur Riau 2024,” tegas H Annas Maamun saat jumpa pers di kediamannya, Minggu (1/10/2023).

Annas Maamun mengumumkan kepastian dia maju ke Pilgub tersebut tepat di hari Kesaktian Pancasila. Momen itu besar kemungkinan akan menjadi momentum bagi Annas untuk ikut membangun negeri kelahirannya.

Menurutnya, beberapa partai sudah menyatakan dukungan seperti Perindo dan beberapa partai lainnya.

”Awalnya saya tidak ada niat untuk terjun kembali ke dunia politik karena saya ingin menikmati masa pensiun saya dengan santai. Tapi banyak yang mendorong saya maju untuk menyelamatkan Riau, dan setelah saya pertimbangkan, saya nyatakan maju,” ujar Anas Maamun.

Namun, sikapnya berubah setelah ada tiga partai politik yang mendatangi dan memintanya untuk maju dalam Pilgub Riau 2024. Ketiga partai tersebut adalah Partai Keadilan Sejahtera, Partai Umat, dan Partai Perindo.

”Ada satu partai yang membuat hati saya bergetar saat mereka menyampaikan ke saya, ‘Ayo Pak, kita bangun Riau kembali’, mendengar itu, hati saya bergetar. Saya terpanggil untuk membangun Riau,” ujarnya.


(Hendro**)

9 Comments

  1. Can I just say what a relief to find someone who actually knows what theyre talking about on the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important. More people need to read this and understand this side of the story. I cant believe youre not more popular because you definitely have the gift.

  2. Aw, this was a really nice post. In thought I want to put in writing like this moreover – taking time and precise effort to make an excellent article… however what can I say… I procrastinate alot and on no account appear to get one thing done.

  3. This web site is really a walk-through for all of the info you wanted about this and didn’t know who to ask. Glimpse here, and you’ll definitely discover it.

  4. I just couldn’t depart your site prior to suggesting that I extremely enjoyed the standard info a person provide for your visitors? Is going to be back often in order to check up on new posts

  5. Good day very nice website!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your web site and take the feeds additionally?KI am glad to search out so many helpful info here within the put up, we want work out more strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini