Search for:
Ki Dalang Heri Sutrisno Menjadi Dalang Pagelaran Wayang Kulit Bersih dusun Tengklik Ploso Jumapolo Karanganyar

Ki Dalang Heri Sutrisno Menjadi Dalang Pagelaran Wayang Kulit Bersih dusun Tengklik Ploso Jumapolo Karanganyar

Karanganyar || Pada hari Rabu (27/2/2024) bertempat di dusun Tengklik Ploso Jumapolo Karanganyar dusun Tengklik mengadakan acara Pagelaran Wayang Kulit. Pertunjukan wayang kulit sendiri digelar dalam rangka acara Bersih Dusun.

Pertunjukan wayang kulit mengangkat tema lakon “Sri Mulih’, yaitu pertunjukan wayang yang mengekspresikan ketahanan pangan di Indonesia. Karya Sri Mulih mengungkap sosok Dewi Sri yang dipandang masyarakat awam sebagai simbol dewi padi, pangan, dan kekayaan.

Karya Sri Mulih merupakan ekspresi seni yang lahir dari budaya masyarakat agraris untuk memperkokoh harapan  ketahanan pangan demi kehidupan yang bermanfaat dan sejahtera. Pertunjukan wayang kulit dimulai jam 19.30 wib yang didaulat sebagai dalang Ki Dalang Heri Sutrisno.

Tim Karawitan dari SDN 1 Ploso Hadroh Sekar Langit pun turut meramaikan acara tersebut. SDN 1 Puroso merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di desa Puroso Jumaporo Kalanganyar. Sedangkan  Tim musik Hadroh  SDN 1 Ploso sendiri terdiri dari siswa-siswi SD Ploso 1 yang terlatih baik seni dan drama.

Ki Dalang Heri Sutrisno Menjadi Dalang Pagelaran Wayang Kulit Bersih dusun Tengklik Ploso Jumapolo Karanganyar

Pertunjukan wayang kulit  disiarkan langsung melalui Live Streaming Dinas Kebudayaan Karanganyar. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Endro Tri Handono selaku Kepala Desa Ploso Jumapolo Karanganyar dan seluruh warga dusun Tengklik Jumapolo Karanganyar.

Selain itu, tamu undangan calon bupati Karanganyar yakni Ilyas Akbar Al-Madani juga turut hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya Pak Ilyas menyampaikan rasa terima kasihnya karena warga telah melestarikan budaya daerah Karanganyar  khususnya dusun Tengklik Jumapolo Karanganyar.

“Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga dusun Tengklik Jumapolo Karanganyar,  Saya sangat berterima kasih atas kelestarian budaya bersih dusun,” kata Ilyas.

Ilyas Akbar Al-Madani merupakan putra  mantan Bupati Juliyatmono, selain mencalonkan diri sebagai anggota DPRD kabupaten Karanganyar, kini Ilyas juga  menjadi calon Bupati Karanganyar dari Partai Golkar. Pada Pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024, Pak Ilyas akan mengikuti Pilkada pemilihan Bupati Kabupaten Karanganyar.

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini