Search for:

Kapolres Buleleng Pimpin Gelar Pasukan Ops Lilin Agung Tahun 2023, Dalam Rangka Pengamanan Nataru 2024

Polda Bali, Polres Buleleng. || Apel Gelar Pasukan Oprasi Lilin Agung Tahun 2023 dalam rangka pengaman Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 sebagai Pimpinan Apel Kapolres Buleleng AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi, S.I.K., M.H., didampingi Pj. Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A, hal ini berlangsung pada hari Kamis,21/12/ 2023 Pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan Taman Kota Singaraja Jalan Ngurah Rai Kelurahan Banjar Jawa Kecamatan dan Kabupaten Buleleng.

Dalam kegiatan apel ini selalu Komandan Apel Ipda Nyoman Suryadana, S.H.,M.H., dan Perwira Apel AKP I Wayan Sukrawan, S.AP., dengan peserta apel dari TNI – Polri dan Instansi terkait serta dari peleton pecalang dan pramuka.

Disamping itu pula hadir Forkopimda Kabupaten Buleleng Ketua DPRD Kab. Buleleng Gede Supriatna, S.H., Kasub Den Pom Singaraja, Rektor Undiksha Singaraja, Ketua Pasikian Pecalang Buleleng, Ketua FKUB, PJU dan Kapolsek jajaran Polres Buleleng, serta Kepala Jasa Raharja, Kepala PLN Bali Utara, Ketua Basarnas dan Instansi terkait.

Adapun Rangkaian Gelar Pasukan ini Pimpinan apel membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, yang merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan optimal, dan dapat dipastikan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan Tahun Baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok”.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, POLRI didukung TNI, K/L, Pemda, mitra kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI/POLRI serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

Kepada seluruh personel agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah. Saya mengucapkan “Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024”. semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimutu relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Dalam pelaksanaan pam Nataru 2024 nanti Polres Buleleng menyiapkan 124 orang personil yang tersprin ditambah Polsek jajaran sebagai imbangan serta dibantu personil dari instansi terkait yang nantinya dapat mendukung pelaksanaan pengamanan Nataru 2024, juga telah disiapkan 1 pos pelayanan yang berlokasi di depan pasar Banyuasri, 1 pos pengamanan di taman kota serta pos pemantauan yang ada diPolsek jajaran sebanyak 10 pos pantau.” Ujar Kapolres Buleleng.

“Menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kamtibmas didaerahnya, jalin komunikasi antar umat beragama, hormati umat lain yang melakukan Ibadahnya nanti, sehingga toleransi tetap terjaga. ” Imbuhnya.

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini