Search for:
Idris Santoso: Kebijakan Zonasi Tidak Lagi Relevan, Kementerian Pendidikan Harus Segera Merevisi Sistem

Idris Santoso: Kebijakan Zonasi Tidak Lagi Relevan, Kementerian Pendidikan Harus Segera Merevisi Sistem

SINARPOS.COM

Bogor, sinarpos.com, – Idris Santoso, Ketua LSM Pasundan Raya sekaligus Dewan Penasehat Jaringan Pendamping Kebijakan Nasional, menyatakan bahwa kebijakan zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tidak lagi relevan diterapkan di masa kini. Menurutnya, kebijakan ini telah menimbulkan berbagai masalah dan ketidakadilan bagi siswa dan orang tua di berbagai daerah.

“Kementerian Pendidikan harus segera mengganti sistem zonasi ini. Penerapan sistem online belum bisa dilakukan secara merata di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Bogor,” ujar Idris dalam pernyataannya pada hari Senin.

Idris menambahkan, ketimpangan infrastruktur dan akses internet menjadi salah satu hambatan utama dalam penerapan sistem online di berbagai daerah. Ia menekankan bahwa tanpa kajian akademik yang mendalam dan menyeluruh, perubahan kebijakan hanya akan menambah beban bagi para siswa dan orang tua.

“Pemerintah perlu melakukan kajian akademik yang komprehensif untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi masalah PPDB. Kajian ini harus melibatkan berbagai pihak, termasuk akademisi, praktisi pendidikan, dan masyarakat,” kata Idris.

Sebagai Ketua LSM Pasundan Raya, Idris juga mengajak masyarakat untuk terus mengawal dan memberikan masukan konstruktif terhadap kebijakan pendidikan. Ia berharap, dengan adanya perubahan yang tepat, sistem pendidikan di Indonesia dapat lebih adil dan merata bagi semua siswa. (Andi)

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini