Search for:
Gempa Bumi Dashyat di Maroko Tewaskan Lebih Dari 1.000 Orang

Gempa Bumi Dashyat di Maroko Tewaskan Lebih Dari 1.000 Orang

SINARPOS.COM

MAROKO || Gempa bumi kuat berkekuatan 7,0 skala Richter melanda Maroko tengah, menewaskan sedikitnya 1.000 orang, dan menyebabkan kerusakan di beberapa wilayah.

Pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi, 71 km (44 mil) barat daya Marrakesh, pada kedalaman 18,5 km, kata Survei Geologi AS. Salah satu kota terbesar di negara itu dengan populasi hampir satu juta jiwa. Sebagian besar warga meninggalkan rumah mereka karena panik karena takut akan terjadi gempa susulan. Banyak bangunan hancur, jumlah korban jiwa sedang ditentukan.

Gempa Bumi Dashyat di Maroko Tewaskan Lebih Dari 1.000 Orang

Banyak orang tewas di Marrakesh dan beberapa daerah di selatan, kata kementerian dalam negeri negara itu.

Banyak korban diyakini berada di daerah terpencil.

Gempa terjadi pada pukul 23:11 waktu setempat (22:11 GMT) pada hari Jumat. Terjadi gempa susulan berkekuatan 4,9 19 menit kemudian.

Dikabarkan Korban tewas akibat gempa bumi di Maroko telah meningkat menjadi lebih dari 1.030 orang. Begitu pula dengan sedikitnya 1.024 orang luka-luka.

Gempa bumi dahsyat menyebabkan kerusakan di seluruh Maroko

Gempa Bumi Dashyat di Maroko Tewaskan Lebih Dari 1.000 Orang

Kementerian dalam negeri mengatakan gempa tersebut menewaskan banyak orang di provinsi dan kotamadya al-Haouz, Marrakesh, Ouarzazate, Azilal, Chichaoua dan Taroudant, dan menambahkan bahwa lebih dari 600 orang terluka.

Banyak orang menghabiskan malam di luar karena pemerintah Maroko telah memperingatkan mereka untuk tidak kembali ke rumah jika terjadi gempa susulan yang parah.

Rumah sakit di Marrakesh mencatat banyaknya orang yang terluka, dan pihak berwenang telah meminta warga untuk mendonorkan darahnya.

Ada juga laporan mengenai keluarga yang terjebak di bawah reruntuhan rumah mereka di kota, dan kerusakan di beberapa bagian Medina, sebuah Situs Warisan Dunia Unesco.

Beberapa bangunan runtuh, kata seorang warga kepada kantor berita Reuters. Beberapa klip di X menunjukkan gedung-gedung runtuh.

Debu juga terlihat di sekitar menara masjid bersejarah Kutubiyya di Marrakesh, sebuah objek wisata utama di dekat alun-alun utama kota tua.

Seorang pria menggambarkan dirinya merasakan “getaran hebat” dan melihat “bangunan bergerak”.

Gempa Bumi Dashyat di Maroko Tewaskan Lebih Dari 1.000 Orang

“Orang-orang kaget dan panik. Anak-anak menangis dan orang tua putus asa,” kata Abdelhak El Amrani kepada kantor AFP.

Dia mengatakan listrik dan saluran telepon mati selama 10 menit.

Warga Marrakesh, Fayssal Badour, sedang mengemudi ketika gempa terjadi.

“Saya berhenti dan menyadari betapa besar bencana yang terjadi,” katanya kepada AFP. “Jeritan dan tangisannya tak tertahankan.”

Pusat gempa di daerah terpencil Pegunungan Atlas Tinggi relatif dangkal dan gempa juga dilaporkan terasa di ibu kota Rabat, sekitar 350 km jauhnya, serta Casablanca dan Essaouira.

Bangunan-bangunan sederhana di desa-desa pegunungan dekat pusat gempa mungkin tidak akan bertahan dan, karena lokasinya yang terpencil, mungkin diperlukan waktu untuk mengetahui jumlah korban di sana.

Jurnalis Inggris Martin Jay, yang tinggal di Maroko, terbangun oleh suara jeritan.

Gempa Bumi Dashyat di Maroko Tewaskan Lebih Dari 1.000 Orang

Dia mengatakan kepada program Today di BBC Radio 4, “ada malam yang aneh di hampir setiap kota di Maroko, kebanyakan orang duduk di tanah di luar rumah atau blok apartemen mereka, karena mereka takut akan gempa kedua yang mereka perkirakan akan terjadi. dua jam kemudian. Syukurlah tidak”.

Gempa tersebut juga dirasakan di negara tetangga Aljazair, namun para pejabat mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Berbicara pada KTT G20 di Delhi, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan masyarakat internasional akan membantu Maroko.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menawarkan “solidaritas dan dukungan kepada rakyat Maroko”. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia “terpukul” oleh berita tersebut dan menawarkan bantuan ke Maroko.

Saksikan Video Detik-detik terjadinya Gempa Bumi Dashyat di Maroko

**Reuters



(Red**)

6 Comments

  1. F*ckin’ remarkable issues here. I’m very happy to peer your article. Thanks so much and i’m taking a look forward to touch you. Will you please drop me a e-mail?

  2. I am curious to find out what blog system you’re using? I’m experiencing some small security problems with my latest blog and I’d like to find something more secure. Do you have any solutions?

  3. Somebody essentially help to make seriously posts I would state. This is the very first time I frequented your website page and thus far? I amazed with the research you made to create this particular publish amazing. Wonderful job!

  4. But a smiling visitor here to share the love (:, btw great style and design. “Individuals may form communities, but it is institutions alone that can create a nation.” by Benjamin Disraeli.

  5. You could certainly see your enthusiasm within the paintings you write. The arena hopes for more passionate writers like you who aren’t afraid to say how they believe. All the time go after your heart. “Every man serves a useful purpose A miser, for example, makes a wonderful ancestor.” by Laurence J. Peter.

  6. I’m really impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you modify it yourself? Anyway keep up the excellent quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one today..

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini