Search for:
Digrebek Suami Sah, ASN Di Mojokerto Ketahuan Ngamar Bareng Selingkuhan, Menanti Saksi Berat

Digrebek Suami Sah, ASN Di Mojokerto Ketahuan Ngamar Bareng Selingkuhan, Menanti Saksi Berat

SINARPOS.COM

MOJOKERTO – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita berinisial RPSW (34) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, digerebek suaminya, RF saat diduga selingkuh dengan pria lain di sebuah Perumahan Griya Dahayu, Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (2/7/2024).

Adapun, pria lain yang menjadi selingkuhan RPSW itu merupakan seorang tenaga honorer atau non-ASN, berinisial IM (40). Keduanya merupakan pegawai di bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten Mojokerto. Menindak lanjuti hal tersebut, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kini tengah mengusut tuntas kasus dugaan perselingkuhan yang melibatkan ASN dan non-ASN itu.

Kepala BKPSDM Kabupaten Mojokerto, Tatang Marhaendrata mengatakan, pihaknya bersama inspektorat saat ini masih melakukan penyelidikan untuk mendalami kasus tersebut.

Terkait sanksi, Tatang menjelaskan, bisa sanksi sedang hingga berat dijatuhkan apabila yang bersangkutan terbukti melanggar disiplin dan kode etik ASN. “Kami sesuai ketentuan, peraturan pemerintah nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS. Tapi kita juga ada kode etik PNS, makanya kami juga akan gunakan aturan itu,” Tegas Tatang di Pemkab Mojokerto, Rabu (3/7/2024).

“Untuk tenaga honorer atau non-ASN itu terikat dengan perjanjian kontrak yang sudah dilakukan. Di antaranya wajib mentaati kedinasan yang berlaku,” Ungkap Tatang Marhaendrata.

Dikatakan Tatang, hasil dari penyelidikan Inspektorat nanti akan dijadikan acuan untuk merumuskan sanksi bagi yang bersangkutan. “Artinya sanksi tetap ada, karena di dalam PP 95 tahun 2021 itu setiap PNS itu kewajiban menjaga rumah tangga, kami masih mendalami dengan Inspektorat,” Ujar Tatang.

Tak jauh berbeda dengan Tatang, Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mojokerto, Teguh Gunarko juga mengatakan, apabila nanti terbukti melakukan pelanggaran, maka dapat dipastikan ASN itu dijatuhi sanksi. Terlebih lagi, keduanya sudah memiliki pasangan, sehingga hal tersebut dinilai bisa memberatkan mereka.

“Kembali lagi kita tidak akan main-main terhadap pelanggaran disiplin yang dilakukan ASN. Apalagi dua-duanya juga punya pasangan, itu salah satu yang mungkin memberatkan bagi mereka,” tutup Teguh.

Dugaan perselingkuhan ASN dengan tenaga honorer itu terbongkar saat RF selaku suami ASN tersebut mendapati istrinya sedang berduaan dengan pegawai honorer itu di perumahan kosong pukul 16.00 WIB.

(Tim-red)

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini