Search for:
Dicky Saromi

Dicky Saromi Mendorong Penerapan Pancasila yang Sesuai dengan Tantangan Zaman

SINARPOS.COM – DISKOMINFO KOTA CIMAHI || Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Penjabat (Pj) Walikota Cimahi, Dicky Saromi, menekankan pentingnya adaptasi nilai-nilai Pancasila dengan perkembangan zaman. Acara yang dihadiri oleh Forkopimda Kota Cimahi serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Cimahi tersebut dihelat pada Sabtu (01/06/2024) di Lapangan Apel kantor Pemkot Cimahi.

Dalam sambutannya, Dicky menyampaikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai ideologi, tetapi juga sebagai pemersatu dalam keberagaman bangsa Indonesia. Ia menekankan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila, yang mencakup inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, harus diimplementasikan dalam semua aspek kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita tidak akan kehilangan orientasi atau disorientasi. Pancasila adalah kunci untuk menjaga kesatuan dan kemajemukan bangsa Indonesia,” ungkap Dicky.

Dalam menghadapi tantangan global yang berkembang pesat, terutama di era teknologi informasi yang maju, Dicky menekankan bahwa Pancasila harus berfungsi sebagai filter untuk mencegah disorientasi di masa depan. Namun, ia juga menekankan bahwa penerapan Pancasila harus disesuaikan dengan perkembangan zaman agar tidak menjauhkan generasi muda dari nilai-nilai tersebut.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” kata Dicky.

Dicky juga mengingatkan generasi muda untuk bijak dalam menggunakan teknologi agar tidak terputus dari akar-akar Pancasila. Ia menegaskan perlunya pengetahuan akan butir-butir Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari bagi generasi milenial dan Gen-Z, yang merupakan penerus bangsa.

Meskipun tantangan yang dihadapi Indonesia di era digital ini besar, Dicky yakin bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, bangsa Indonesia dapat mengatasi semua rintangan. Ia juga menyoroti keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan, juga menekankan pentingnya pembinaan karakter Pancasila, terutama pada generasi muda, untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan beradab.

“Penanaman nilai-nilai Pancasila dan pembinaan karakter Pancasila menjadi bagian dari setiap proses yang kami jalankan, sehingga di masa depan masyarakat Kota Cimahi selalu menjadi masyarakat yang penuh dengan kedamaian dan keberkahan,” tuturnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini diharapkan dapat memompa semangat semua pihak untuk terus mengamalkan Pancasila demi masa depan Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. (Wins)

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini