Search for:
Desa Pasirhuni Kembangkan Ternak Domba

Desa Pasirhuni Kembangkan Ternak Domba

Sinarpos com

Kab.Bandung// Kepala Desa Pasirhuni Agus Suparman Kecamatan Cimaung menyatakan bahwa anggaran ketahana pangan TA 2023 dialokasikan untuk pengadaan domba sebanyak 30 ekor beserta kandang. Selain untuk peternakan domba, fihaknya juga membangun Jalan Usaha Tani yang dibangun meuju ke lokasi peternakan tersebut.


“Untuk tahun 2023 berdasarkan kesepakatan dengan masyarakat dan kelompok tani, kita mengadakan 30 ekor domba unggulan. Dananya dari ketahanan pangan sebesar 20% dari Dana Desa” terang Kepala Desa Pasirhuni pada awak media di kantor Desa Pasirhuni(7/3).


Program Ketahanan pangan yang sudah menjadi agenda penting guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat ini mendapat respon yang baik. Sistem pembagian keuntungan peternakan domba, disepakati berdasarkan keinginan dari fihak peternak/kelompok dan fihak Desa agar dikembangkan menjadi program berkelanjutan.
Selain domba sejumlah 30 ekor, dana Ketahanan Pangan ini digunakan untuk membangun kandang dan Jalan Usaha Tani,sesuai dengan ketentuan dan Perbup tentang penggunaan anggaran Ketahanan Pangan.


Menurut Agus Suparman, diharapkan domba akan berkembang pesat karena berada dalam pengurusan para petani peternak yang sudah mumpuni di bidangnya.


“Beternak domba itu perputaran modalnya cukup cepat karena bisa dijual saat ada Hari Raya Kurban,atau untuk kebutuhan hajatan” lanjut Agus yang merasa optimis bahwa peternakan domba Desa Pasirhuni akan berkembang mengingat domba yang dikembangkan berasal dari domba unggulan. Bahkan ada beberapa domba yang rencana bisa diikutkan dalam kontes domba ketangkasan.


Fihaknya tidak mau asal asalan dalam merealisasikan anggaran ketahanan pangan, karena program ini merupakan program pemerintah untuk pedesaan dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat. Selain untuk beternak, program ketahanan pangan bisa juga untuk bidang pertanian namun di Desa Pasirhuni lebih memfokuskan pada peternakan saja, mungkin tahun2 ke depan bisa beralih komoditi tergantung kesepakatan dengan masyarakat, pungkasnya.

zarina**

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini