Search for:
Desa Parsanga Gelar Do’ a bersama Demi Keselamatan Masyarakat Desa dengan Rokad Desa

Desa Parsanga Gelar Do’ a bersama Demi Keselamatan Masyarakat Desa dengan Rokad Desa

SINARPOS.com – SUMENEP || Berbagai macam cara dilakukan manusia untuk menyampaikan hajat serta permohonannya kepada Sang Pencipta. Hal itu tentunya sebagai wujud kesadaran Hamba akan Dirinya.

Begitu juga dengan Pemerintah Desa Parsanga, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur. Kades Mohammad Solehuddin sepakat bersama masyarakatnya menyelenggarakan Do’ a bersama yang dikenal dengan istilah Madura ” ROKAD DESA ” untuk memohon keselamatan masyarakat desanya pada hari Jum’at, tanggal 06 Juli 2024.

Pelaksanaan Rokad Desa diselenggarakan Pukul. 19.30 WIB hingga selesai, bertempat di Masjid At – Taqwa Desa Parsanga, Kecamatan Kota Sumenep.

Sebanyak kurang lebih 450 orang menghadiri acara saat itu, yakni Kepala Desa bersama Perangkatnya, Ketua BPD beserta anggota, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Unsur POLRI Babinkamtibmas, Unsur TNI Babinsa, serta masyarakat desa.

Mohammad Solehuddin mengungkapkan, ” Bahwa pelaksanaan Rokad Desa sudah dilaksanakan sejak sebelum Dirinya menjabat Kepala Desa. Kegiatan ini telah menjadi Tradisi dan Budaya masyarakat desa Parsanga, ” ungkap Kades termuda di Kabupaten Sumenep, saat di ruang kerjanya. Selasa, ( 09 / 07 / 24 ).

Lebih lanjut Kades yang dikenal memasyarakat itu berharap, ” Semoga dengan Rokad Desa masyarakat desa mendapatkan keselamatan, kesejahteraan, terhindar dari mala petaka, lebih – lebih persaudaraan dan rasa toleransi antar warga dapat terbangun dan terjaga, ” harapnya.

Sebagai pamungkas Ia menerangkan dan berharap, ” Kegiatan Rokad dilakukan tiap tahun dan semoga tahun depan kami dapat  melaksanakannya lagi, ” pungkasnya dengan penuh keyakinan.

Dengan kegiatan itu, mungkin bisa menjadi edukasi dan sebagai referensi bagi desa lainnya. Karena dengan Rokad Desa disamping sebagai salah satu cara mengajak masyarakat untuk lebih mendekatkan diri Kepada Sang Kholiq, juga sebagai sarana lebih kepada membangun hubungan emosional yang positif. ( Bambang )

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini