Search for:
Dandim Kulon Progo Hadiri Acara Pembukaan Lahan Pertanian Baru

Dandim Kulon Progo Hadiri Acara Pembukaan Lahan Pertanian Baru

Sinarpos.com

KULON PROGO || Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Arh Viki Herwandi, S.Sos., menghadiri acara Pembukaan Lahan Pertanian Baru Dalam Rangka Sinergi Pembangunan Pertanian Menuju Indonesia Maju, diselenggarakan Polres Kulon Progo, di Bulak Nglatek Padukuhan Sidorejo, Kalurahan Banaran, Kapanewon Galur, Senin (10/06/2024).

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati, S.I.K., M.H., menjelaskan, sesuai kebijakan Pemerintah yang tertuang dalam Nawacita, Presiden Jokowi menaruh fokus di pembangunan pertanian. Polres Kulon Progo bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Instansi terkait, mengoptimalkan potensi pertanian dan setelah dilakukan survei di beberapa lokasi diputuskan untuk membuka lahan. Pembukaan lahan pertanian seluas 9.6 hektar terbagi di sebelah utara 5 hektar dan selatan 4,6 hektar. Kendala yang ada sudah dilakukan langkah tindakan agar tanah bisa ditanami. Jenis padi yang akan ditanam yaitu Ciherang.;

Pj. Bupati Kulon Progo Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A., menyampaikan pada kesempatan hari ini, kita akan menyaksikan pembukaan lahan pertanian baru, yang merupakan sinergi pembangunan pertanian oleh Polres Kulon Progo, dalam rangka menuju Indonesia maju. Kegiatan ini merupakan sebuah upaya peningkatan produksi melalui optimasi lahan tidur di Kabupaten Kulon Progo. Lokasi sawah yang terletak di Kalurahan Banaran Galur ini merupakan lahan sawah yang sudah lama tidak dioptimalkan pemanfaatannya, dikarenakan jika memasuki musim kemarau tidak ada air, sehingga lahan sawah tidak bisa ditanami, sedangkan jika saat musim penghujan lahan persawahan ini menjadi tergenang seperti rawa-rawa.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mendukung dan mengapresiasi program sinergitas yang dilaksanakan Polres Kulon Progo, karena ikut mendukung upaya-upaya peningkatan produksi pangan terutama padi. Semoga upaya-upaya yang terus kita lakukan dalam rangka meningkatkan produksi pertanian akan menjadi sebuah solusi untuk menjaga ketersediaan pangan dan bersama- sama mewujudkan ketahanan pangan.

Sekali lagi saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Polres Kulon Progo, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dan meridhoi usaha kita semua. Aamiin. (Pendim0731).

(Ihwan)

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini