Search for:
Cahaya Terbit dari Paberasan, Kisah Inspiratif Sang Kades Pelopor Inovasi

Cahaya Terbit dari Paberasan, Kisah Inspiratif Sang Kades Pelopor Inovasi

Catatan Pribadi untuk Negeriku

SINARPOS.com – Sumenep | Di jantung Jawa Timur, di antara hamparan sawah yang luas dan gemerlapnya Keraton Sumenep, terhamparlah Desa Paberasan, sebuah desa kecil yang menyimpan potensi luar biasa. Di sanalah, kepemimpinan visioner Kades Rahman Saleh bagaikan mentari pagi, menyinari jalan menuju kemajuan desa dan membuka cakrawala baru bagi desa-desa di seluruh Indonesia.(6/7/2024).

Kesejahteraan rakyat menjadi api yang membakar semangat Kades Rahman. Beliau prihatin melihat banyak desa yang masih terbelenggu dalam lingkaran kemiskinan. Tergerak oleh rasa cinta tanah air dan tekad untuk memajukan desa, Kades Rahman menggagas sebuah terobosan inovatif: Gerakan Paberasan Mandiri (GPM).

GPM berfokus pada tiga pilar utama: pertanian, peternakan, dan perekonomian. Kades Rahman sadar bahwa ketiga sektor ini merupakan tulang punggung desa, dan dengan memberdayakannya, maka desa akan mampu mencapai kemandirian dan ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Langkah pertama Kades Rahman adalah merevitalisasi sektor pertanian. Beliau bekerja sama dengan para petani untuk meningkatkan kualitas hasil panen dan efisiensi produksi. Teknologi modern, seperti irigasi tetes dan pupuk organik, diperkenalkan untuk memaksimalkan hasil panen dan menjaga kelestarian lingkungan. Tak hanya itu, Kades Rahman juga membuka akses pasar bagi para petani, sehingga mereka dapat menjual hasil panen dengan harga yang lebih menguntungkan.

Di bidang peternakan, Kades Rahman mendirikan koperasi peternakan yang membantu para peternak dalam mendapatkan akses modal, pakan ternak, dan pelatihan. Beliau juga mendorong pengembangan peternakan sapi perah, yang menghasilkan susu segar untuk diolah menjadi berbagai produk olahan seperti keju dan yogurt. Hal ini tidak hanya meningkatkan pendapatan peternak, tetapi juga membuka peluang baru bagi usaha kecil menengah (UKM) di desa.

Sementara itu, untuk menggeliatkan perekonomian desa, Kades Rahman fokus pada pengembangan sektor pariwisata dan UMKM. Beliau menata desa Paberasan menjadi desa wisata yang menarik, dengan membangun berbagai fasilitas seperti taman bermain, gazebo, dan pusat kuliner. Beliau juga mendorong para pemuda untuk berwirausaha dengan memberikan pelatihan dan modal usaha.

Hasilnya tak sia-sia. Desa Paberasan menjelma menjadi desa yang maju dan sejahtera. Kemiskinan berkurang drastis, pendapatan masyarakat meningkat, dan lapangan pekerjaan baru terbuka lebar. GPM pun menjadi inspirasi bagi banyak desa di seluruh Indonesia.

Kabar tentang keberhasilan Kades Rahman dan GPM merebak ke seluruh penjuru negeri. Para kepala desa dari berbagai daerah berbondong-bondong datang ke Paberasan untuk mempelajari GPM dan menerapkannya di desa mereka masing-masing. Kades Rahman pun dengan senang hati berbagi pengalaman dan pengetahuannya, demi membantu desa-desa lain mencapai kemajuan yang sama.

Kisah inspiratif Kades Rahman dan GPM menjadi bukti nyata bahwa dengan kepemimpinan yang visioner, kerja keras, dan semangat gotong royong, desa-desa di Indonesia dapat mencapai kemandirian dan kemakmuran. Cahaya dari Paberasan telah menerangi jalan bagi desa-desa lain di seluruh Indonesia, menunjukkan bahwa masa depan yang cerah menanti bagi pedesaan Indonesia. ( Bambang )


BERSAMBUNG :

Catatan Pribadi untuk Negeriku

Sumber : Group ADV.PKP
Penulis : R. M Hendra ( 06 / 07 / 24 )

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini