Search for:
Bupati Sumenep Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan ke Pulau Oksigen

Bupati Sumenep Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan ke Pulau Oksigen

SINARPOS.com – SUMENEP || Pada hari Selasa, tanggal 02 Juli 2024 Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Sakti Wahyu Trenggono bersama rombongan tiba di kota Keris Sumenep Kabupaten paling Timur di Pulau Madura, Jawa Timur.

Kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan di Sumenep tidak lain sebagai bagian dari kunjungan kerja sebagai salah satu menteri RI. Tentunya bagi Pemerintah Daerah Sumenep moment itu merupakan suatu kehormatan dan memberikan suatu kepuasan tersendiri.

Diantara rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya adalah memapak Pulau Kesehatan yakni yang dikenal dengan pulau Oksigen, Giliyang Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu (03/07/2024).

Menteri Kelautan dan Perikanan ( KKP ) Indonesia yang didampingi Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat mengunjungi Pulau Kesehatan Gili Iyang yang merupakan destinasi wisata kebanggaan Sumenep yang memiliki kandungan kadar oksigen sangat tinggi atau terbaik kedua di dunia.

“Saya bersama rombongan merasakan udara di Pulau Gili Iyang ini sangat bagus, karena meskipun semalam tidur di luar di titik Nol Oksigen tidak masuk angin, badan tidak sakit dan udaranya segar,” terang Menteri KKP RI Sakti Wahyu Trenggono.

Ia meminta pemerintah daerah bersama masyarakat Pulau Gili Iyang benar-benar menjaga kualitas udara sebagai anugerah kekayaan alam yang luar biasa, supaya kandungan kadar oksigennya tetap bertahan untuk objek wisata utamanya kesehatan.

“Anugerah luar biasa Pulau Oksigen ini hendaknya tetap bertahan, sehingga ada proteksi sekaligus membuka akses seluas-luasnya agar masyarakat berkunjung ke pulau itu, ” pintanya.

Selanjutnya, selain menikmati kadar oksigen terbaik kedua di dunia, juga menyerap aspirasi dari nelayan Pulau Oksigen Gili Iyang, untuk mengetahui keinginan masyarakat setempat.

Pihaknya akan mendukung pengembangan Pulau Oksigen Gili Iyang sesuai keinginan masyarakat, merencanakan pembangunan dermaga baru, mengingat penduduk di dua desa itu mata pencahariannya adalah nelayan.

Menurut pernyataannya, pembangunan dermaga itu tidak hanya mempermudah wisatawan berkunjung ke Pulau Oksigen semata, melainkan juga untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian nelayan, sehingga keistimewaan Pulau Gili Iyang berefek positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kami untuk merealisasikan keinginan masyarakat, perlu dilakukan survei lapangan untuk memastikan penyelesaian pembangunan dermaga agar bisa dilakukan paling lambat pertengahan Desember 2024, karena kalau melebihi bulan itu menimbulkan masalah,” jelasnya.

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo saat mendampingi menteri KKP Indonesia menyampaikan, pemerintah daerah Kabupaten Sumenep siap mendukung berbagai program dan kebijakan yang digagas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Oksigen Gili Iyang.

“Pulau Gili Iyang selain sebagai destinasi wisata kesehatan yang memiliki oksigen terbaik juga memiliki destinasi wisata lainnya, seperti Batu Canggah, Gua Celeng, dan Pantai Ropet,” terang Achmad Fauzi Wongsojudo di sela-sela kesempatannya. ( Bambang )

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini