Search for:
Bupati Agus Istiqlal Hadiri Temu Lapang Antisipasi Darurat Pangan Nasional Tahun 2024

Bupati Agus Istiqlal Hadiri Temu Lapang Antisipasi Darurat Pangan Nasional Tahun 2024

SINARPOS.COM

Pesisir Barat-Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H.,.menghadiri Temu Lapang Percepatan Tanam Padi Mendukung Gerakan Antisipasi Darurat Pangan Nasional Tahun 2024, yang di gelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pesibar, di Dusun Gunung Sari Kelurahan Pasar Kota Krui, Kamis (30/5/2024).

Selain Bupati Pesibar tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Pesibar, A. Zulqoini Syarif, S.H, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Drs. Gunawan, M.Si, Kepala DKPP Pesibar, Unzir, S.P., selaku ketua Pelaksana, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pesibar, Forkopimda Pesibar, dan Perwakilan Kelompok Tani dari masing-masing Kecamatan se-Pesibar.

Dalam kegiatan itu juga Bupati Agus Istiqlal mengatakan, semoga dengan adanya temu lapang ini dapat menambah motivasi kita semua dalam rangka perkembangan pertanian bagi masyarakat kabupaten Pesisir Barat khususnya dan diharapkan dapat terus meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Pesibar.

“Salah satu kegiatan yang mendukung program ini adalah kegiatan percepatan tanam padi yang akan kita laksanakan pada hari ini, oleh karena itu dihimbau kepada petani khususnya di Pesibar untuk dapat berkomitmen bersama untuk memanfaatkan lahan sawahnya secara efektif melalui percepatan tanam,” ujar Bupati Agus Istiqlal.

Program ini tentu saja memprioritaskan kepada keberlangsungan usaha dan kesejahteraan para petani khususnya di Kabupaten Pesibar dalam mengatasi beberapa dampak perubahan iklim di lapangan. “Karena keberlangsungan dan kesejahteraan petani kita tentu saja baik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi ketersediaan pangan di Daerah Kabupaten Pesibar,” tukas Bupati Agus Istiqlal.

Selanjutnya Bupati Agus Istiqlal menambahkan, selain kegiatan percepatan tanam ini, Pemkab Pesibar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memiliki beberapa bantuan untuk mendukung gerakan antisipasi darurat pangan diantaranya :

  1. Irigasi pompa air diberikan kepada 10 kelompok yaitu di Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Ngambur, Pesisir Selatan, Pesisir Tengah, Krui Selatan, Way Krui.
  2. Bantuan bibit hortikultura terdiri dari bibit alpukat dan bibit durian.
  • Bibit alpukat diberikan kepada 2 kelompok tani di Kecamatan Bangkunat Dan Lemong
  • Bibit durian diberikan kepada 2 kelompok tani di Kecamatan Krui Selatan dan Lemong
  1. Bantuan benih padi ladang diberikan kepada 4 kelompok tani di Kecamatan Ngaras dan 1 kelompok tani di Kecamatan Pesisir Tengah.
  2. Bantuan pestisida diberikan kepada Kecamatan Pesisir Tengah dan Kecamatan Krui Selatan.
  3. Bantuan alat pengendali hama tikus diberikan kepada BPP Kabupaten Pesisir Barat kecuali BPP Kecamatan Pulau Pisang.
  4. Bantuan bibit cengkeh diberikan kepada 2 kelompok di kecamatan pesisir Utara dan Krui Selatan.
  5. Bantuan bibit pala diberikan kepada 4 kelompok tani, di Kecamatan Lemong dan Pesisir Utara.

Rangkaian kegiatan diwarnai dengan penyerahan bantuan kepada Kelompok Tani dari masing-masing Kecamatan yang diserahkan langsung oleh Bupati Pesibar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H. dan Wakil Bupati Pesibar, A. Zulqoini Syarif, S.H.(RLS/Taufik)

Tuliskan Komentar Anda Tentang Informasi Ini