Search for:
Bupati Agus Istiqlal Hadiri Ngumbai Repong Damar

Bupati Agus Istiqlal Hadiri Ngumbai Repong Damar

SINARPOS.COM

Pesisir Barat -Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri “Ngumbai Repong Damar”, di Umbul Bawang Pal 6, Pekon Labuhan Mandi Kecamatan Way Krui, Minggu (09/06/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ustadz Azharudin selaku pemimpin zikir dan do’a, juga dihadiri, Wakil Ketua I DPRD Pesibar Ripzon Efendi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pesibar, Unzir, S.P., Ketua MUI Pesibar, Drs. Kadarusman M.Pd.I., Camat dan Peratin se-Kecamatan Way Krui, serta masyarakat setempat.

Bupati Agus Istiglal mengatakan, kegiatan Ngumbai Repong Damar ini merupakan Salah satu tradisi masyarakat Pesisir Barat, khususnya warga Gunung Kemala, Labuhan Mandi, Gunung Kemala Timur, dan Ulu Krui kecamatan Way Krui, yang hingga kini masih dipelihara dan dilestarikan.

“Tujuan Ngumbai Repong ini, untuk memanjatkan do’a kepada Tuhan yang Maha Esa, untuk mengharapkan keberkahan rizki yang selama ini kita terima melalui hasil kebun, sekaligus menjadi ajang silaturahmi untuk mendoakan nenek moyang kita yang telah terlebih dahulu meninggalkan alam dunia, agar seluruh amal ibadahnya diterima Allah SWT,” ujar Bupati Agus Istiqlal.

Selanjutnya Bupati Agus Istiqlal berharap tradisi ngumbai Repong ini bisa terus dilaksanakan dan dilestarikan sampai dengan anak cucu kita nanti.
“Ngumbai Repong merupakan Salah satu tradisi masyarakat Pesisir Barat, dengan mengharapkan getah damar dan berbagai jenis pohon yang ada di dalam kebun menghasilkan buah, hasilnya dapat meningkat,” pungkas Bupati Agus Istiqlal.(Taufik/Rls)

Silahkan Berikan Komentar Anda Tentang Informasi Ini