Search for:
Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat Mengguyur Hong Kong dan Tiongkok

Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat Mengguyur Hong Kong dan Tiongkok

SINARPOS.COM

HONG KONG || Hong Kong dan kota-kota di Tiongkok selatan sedang berjuang melawan banjir yang disebabkan oleh hujan terlebat dalam lebih dari 140 tahun.

Pada hari Jumat, jalan-jalan dan stasiun kereta bawah tanah terendam air di Hong Kong ketika para pejabat menutup sekolah dan tempat kerja.

Hujan deras yang mengguyur Hong Kong pada hari Jumat menyebabkan banjir yang meluas di seluruh kota yang padat penduduknya, merendam jalan-jalan raya, pusat perbelanjaan dan stasiun metro, ketika pihak berwenang menutup sekolah dan meminta para pekerja untuk tinggal di rumah.

Wilayah administratif khusus Tiongkok mengalami curah hujan per jam tertinggi sejak pencatatan dimulai 140 tahun lalu.

Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat Mengguyur Hong Kong dan Tiongkok

Jalanan berubah menjadi arus deras, menurut video yang beredar di media sosial, sementara satu klip menunjukkan pekerja metro mengarungi stasiun sedalam pinggang mereka untuk mencoba membendung aliran air yang mengalir dari permukaan jalan.

Layanan darurat mengatakan lebih dari 100 orang telah dibawa ke rumah sakit dan beberapa penyelamatan telah dilakukan – dengan peringatan cuaca buruk dikeluarkan.

Hujan mengubah jalanan menjadi sungai yang deras, membanjiri pusat perbelanjaan dan transportasi umum

Di media sosial, orang-orang terlihat menaiki mobil dan platform tinggi lainnya untuk menghindari air, yang tingginya mencapai beberapa meter di beberapa daerah, menghalangi pintu masuk kereta bawah tanah.

Pada hari Kamis, pihak berwenang mengeluarkan peringatan hitam karena curah hujan melebihi 70mm per jam. Observatorium Hong Kong malam itu melaporkan curah hujan per jam sebesar 158,1 milimeter, tertinggi sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884.

Terowongan pelabuhan lintas kota, jalur utama yang menghubungkan pulau utama ke semenanjung Kowloon di utara, terendam banjir. Hujan juga memicu tanah longsor di daerah pegunungan Hong Kong – memblokir beberapa jalan raya.

Pada Jumat sore, hujan lebat telah mereda dan pihak berwenang menurunkan peringkat hujan badai dari peringatan “hitam” menjadi peringatan “kuning”. Namun mereka memperingatkan hujan diperkirakan akan terus berlanjut hingga hari Sabtu.

Curah hujan dengan curah hujan lebih dari 200 mm tercatat di pulau Hong Kong, Kowloon, dan bagian timur laut kota tersebut antara pukul 18:00 waktu setempat (10:00 GMT) hingga tengah malam jumlah total tersebut melebihi jumlah curah hujan yang biasanya terjadi seluruh kota dalam kurun waktu tertentu.

Air terjun mengalir ke daerah pegunungan kota ketika pihak berwenang mengeluarkan peringatan risiko tanah longsor.

Banjir Besar Akibat Hujan Lebat Mengguyur Hong Kong dan Tiongkok

Hujan lebat juga mengguyur Tiongkok bagian selatan, dan kota Shenzhen – di seberang perbatasan Hong Kong – melaporkan hujan terlebat sejak pencatatan dimulai pada tahun 1952.

Ratusan penerbangan telah ditangguhkan di provinsi Guangdong, sementara pemerintah setempat menyarankan penduduk di daerah dataran rendah untuk mempertimbangkan evakuasi.

Puluhan juta orang tinggal di wilayah pesisir padat penduduk di Tiongkok selatan.

Pada Kamis malam, Shenzhen membuang air dari waduknya setelah mengeluarkan pemberitahuan ke Hong Kong – sebuah tindakan yang menimbulkan pertanyaan dari penduduk lokal Hong Kong secara online mengenai apakah hal ini memperburuk banjir di kota mereka.

Namun kepala keamanan Hong Kong Chris Tang mengatakan pada hari Jumat bahwa pembuangan tersebut tidak berdampak pada banjir di kota tersebut dan tindakan tersebut aman untuk Shenzhen dan Hong Kong.

Badan meteorologi Tiongkok memperkirakan curah hujan ekstrem akan terus berlanjut di wilayah barat daya negara itu pada hari Jumat dan Sabtu.

Hujan terbaru ini terjadi kurang dari seminggu setelah dua topan, Saola dan Haikui, menghantam Tiongkok selatan secara berturut-turut dan memicu penutupan seluruh kota di Hong Kong.

Perubahan iklim telah meningkatkan intensitas dan frekuensi badai tropis, menyebabkan peningkatan banjir bandang dan kerusakan yang lebih besar.

Tonton Video Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat Mengguyur Hong Kong dan Tiongkok

**Reuter



(Red**)

6 Comments

  1. Sweet blog! I found it while browsing on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Thanks

  2. You actually make it appear really easy along with your presentation but I find this matter to be actually one thing that I think I’d never understand. It kind of feels too complex and very vast for me. I am taking a look forward for your next publish, I will attempt to get the cling of it!

  3. With havin so much content do you ever run into any issues of plagorism or copyright infringement? My website has a lot of unique content I’ve either created myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my permission. Do you know any solutions to help protect against content from being stolen? I’d really appreciate it.

  4. After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

  5. Thanks for every one of your efforts on this blog. My daughter really likes doing research and it is easy to see why. A number of us know all regarding the dynamic tactic you convey both useful and interesting suggestions via your web site and therefore boost participation from visitors on that theme while our own child is discovering a whole lot. Enjoy the remaining portion of the new year. You’re the one doing a splendid job.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Skip to content